Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Informasi Systems), E13
Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Informasi Systems), E13
Rp 229.900
Pembelian
Beli
e-Learning
Bagikan
content
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Topik yang dicakup dalam buku teks ini memberikan mahasiswa sistem informasi dengan pemahaman yang solid akan sistem pemrosesan transaksi yang kemudian dapat mereka buat berdasarkan studi mendalam pada topik-topik khusus, seperti database, penyimpanan & pengumpulan data, jaringan, analisis & desain sistem, keamanan komputer, serta pengendalian sistem informasi. Perubahan dalam (buku teks) Edisi ke-13 ini adalah revisi yang lebih luas pada isi materi untuk memasukkan perkembangan terkini, dan juga tetap mempertahankan fitur-fitur yang membuat edisi sebelumnya lebih mudah untuk digunakan/dipelajari. Setiap bab telah diperbarui dengan memasukkan contoh-contoh terbaru dari konsep-konsep yang penting.

Seperti edisi-edisi sebelumnya, buku teks Edisi ke-13 ini telah disederhanakan guna pengajaran (topik) SIA yang memungkinkan Anda untuk berkonsentrasi pada presentasi dan diskusi di ruang kelas. Sistem informasi akuntansi (SIA) didesain untuk mempersiapkan Anda menuju karier akuntansi yang sukses, apakah Anda akan memasuki praktik publik, industri, ataupun pemerintahan. Semua dari Anda akan menjadi pengguna SIA. Tanpa memperhatikan peranan, Anda akan perlu untuk memahami bagaimana SIA bekerja secara efektif dalam mengukur dan memperlakukan biaya-biaya secara efektif, mengukur keandalan dari informasi yang dihasilkan, ataupun untuk mengarahkan dalam mendesain ulang dan mengimplementasikan sistem baru yang lebih baik. Penguasaan atas materi yang disajikan dalam buku teks ini akan memberikan Anda ilmu pengetahuan mendasar yang Anda perlukan untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan tersebut.

Buku teks ini membahas pentingnya pengembangan teknologi informasi [TI—information technology (IT)], karena pengembangan tersebut memengaruhi proses bisnis dan sering kali menyebabkan organisasi mendesain ulang SIA yang mereka miliki untuk mengambil keuntungan dari kemampuan barunya. Fokus perhatiannya bukan pada TI, tetapi bagaimana TI dapat memengaruhi proses dan pengendalian dalam bisnis. Memang, pengembangan TI yang baru tidak hanya memberikan kemampuan yang baru, tetapi juga terkadang memberikan ancaman baru dan pengaruh ke semua tingkatan risiko. Buku teks ini akan membantu Anda memahami permasalahan tersebut sehingga Anda dapat menentukan dengan baik bagaimana untuk memodifikasi pengendalian sistem akuntansi yang secara efektif menunjukkan ancaman-ancaman terbaru dan secara akurat mengukur kelayakan pengendalian dalam sistem yang didesain kembali tersebut.

Selain perubahan yang dipicu oleh teknologi dan peraturan, perusahaan bertanggung jawab atas semakin meningkatnya lingkungan bisnis yang kompetitif dengan menguji kembali setiap aktivitas internal dalam upaya untuk mendapatkan nilai terbesar pada biaya terkecil. Akibatnya, para akuntan diminta untuk melakukan lebih dari sekadar pembuatan laporan sebagai hasil dari aktivitas masa lalu. Mereka juga harus mengambil peranan yang lebih proaktif dalam memberikan dan menginterpretasikan informasi keuangan dan nonkeuangan mengenai aktivitas organisasi. Oleh karena itu, melalui buku teks ini, pembahasan mengenai bagaimana para akuntan dapat meningkatkan desain dan penggunaan fungsi-fungsi pada SIA sehingga hal tersebut dapat benar-benar menambah nilai organisasi dengan menyediakan manajemen dengan informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan organisasi secara efektif.


Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:

BAGIAN I    Landasan Konseptual Sistem Informasi Akuntansi
Bab 1    Sistem Informasi Akuntansi: Sebuah Tinjauan Menyeluruh
Bab 2    Tinjauan Pemrosesan Transaksi dan Sistem Enterprise Resource Planning
Bab 3    Sistem Teknik Dokumentasi
Bab 4    Database Relasional

BAGIAN II    Pengendalian dan Audit Sistem Informasi Akuntansi
Bab 5    Penipuan Komputer
Bab 6    Teknik Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer
Bab 7    Pengendalian dan Sistem Informasi Akuntansi
Bab 8    Pengendalian untuk Keamanan Informasi
Bab 9    Pengendalian Kerahasiaan dan Privasi
Bab 10    Pengendalian Integritas Pemrosesan dan Ketersediaan
Bab 11    Pengauditan Sistem Informasi Berbasis Komputer

BAGIAN III    Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
Bab 12
    Siklus Pendapatan: Penjualan dan Penerimaan Kas
Bab 13
    Siklus Pengeluaran: Pembelian dan Pengeluaran Kas
Bab 14
    Siklus Produksi
Bab 15
    Siklus Manajemen Sumber Daya Manusia dan Penggajian
Bab 16
    Sistem Buku Besar dan Pelaporan

BAGIAN IV    Model Data REA
Bab 17
    Desain Database Menggunakan Model Data REA
Bab 18
    Mengimplementasikan Model REA dalam Database Relasional
Bab 19
    Topik Khusus dalam Pemodelan REA

BAGIAN V    Proses Pengembangan Sistem
Bab 20
    Pengantar Pengembangan Sistem dan Analisis Sistem
Bab 21
    Strategi Pengembangan SIA
Bab 22
    Desain, Implementasi, dan Operasi Sistem

Belajar Jadi Lebih Mudah