Akuntansi Biaya e2
Akuntansi Biaya e2
Rp 154.900
Pembelian
Beli
e-Learning
Bagikan
content
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Buku teks Akuntansi Biaya Pendekatan Tradisional dan Kontemporer Edisi 2 ini sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin memahami secara lebih baik mengenai perhitungan biaya dari suatu objek biaya, seperti perhitungan biaya produk, departemen, aktivitas, pemasok, dan pelanggan. Dengan pemahaman perhitungan biaya secara lebih baik, perhitungan biayanya akan menjadi akurat sehingga tidak terjadi perhitungan biaya yang terlalu tinggi (over-costing) atau perhitungan biaya terlalu rendah (under-costing). Akurasi perhitungan biaya adalah sangat penting bagi perusahaan yang menetapkan harga jual produknya berdasarkan biaya (cost-based pricing). Jika harga pokok produk terlalu tinggi karena kesalahan perhitungan, maka harga jual produk menjadi tinggi dan akibatnya produk perusahaan tidak dapat bersaing dengan produk kompetitor. Sebaliknya, jika harga pokok produk terlalu rendah, maka harga jual produk juga akan rendah dan akibatnya perusahaan akan merugi karena harga jual produknya tidak dapat menutupi harga pokok produk yang seharusnya.

Dalam buku ini juga dijelaskan kelemahan perhitungan harga pokok produk tradisional yang disebut dengan perhitungan harga pokok produk berbasis fungsi/volume (volume/functional-based costing) serta perlunya pengembangan dan penerapan perhitungan harga pokok produk berbasis aktivitas (activity-based costing), terutama jika perusahaan menginginkan perhitungan harga pokok produknya secara akurat dan sekaligus ingin membangun daya saing produk perusahaan. Agar pembaca buku ini dapat memahami perbedaannya secara mudah, setiap bab dalam buku ini membahas kedua pendekatan tersebut, seperti perilaku biaya berbasis fungsi dan aktivitas (functional and activity-based cost behaviour), perhitungan harga pokok pesanan berbasis volume dan aktivitas (volume and activity-based job order costing), dan perhitungan harga pokok proses berbasis volume dan aktivitas (volume and activity-based process costing), serta perhitungan harga pokok produk bersama berbasis volume dan aktivitas (volume and activity-based joint product costing). Selain itu, buku ini juga menjelaskan kelemahan perhitungan harga pokok produk berbasis aktivitas tradisional (traditional activity-based costing) dan perlunya penerapan perhitungan harga pokok produk berbasis aktivitas yang dipicu waktu (time-driven activity-based costing).

Buku ini juga membahas keempat metode pengumpulan biaya produksi, yaitu (1) perhitungan harga pokok pesanan, (2) perhitungan harga pokok hybrid, (3) perhitungan harga pokok proses, dan (4) perhitungan harga pokok backflush.

Belajar Jadi Lebih Mudah