Manajemen Pendanaan dan Pembiayaan Perbankan Syariah
Manajemen Pendanaan dan Pembiayaan Perbankan Syariah
Pembelian
Versi e-book
Bagikan
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

BAGAIMANA UNTUK MENDAPATKANNYA

Pelanggan dapat melakukan pembelian buku (versi) fisik secara online dengan mengeklik tombol Beli. Pembelian secara online dilakukan melalui Penerbit Salemba Empat Official Store (Leksika Bookstore).

        Selain buku (versi) fisik, tersedia juga versi e-book yang bisa didapatkan dengan mengeklik tombol pembelian Versi e-book. Koleksi e-Book Penerbit Salemba Empat didistribusikan oleh Vendor e-Book Kami.

  • e-Book tersedia juga di:

          

        Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut tentang layanan Kami.


SINOPSIS BUKU

Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang operasional dan kegiatan usaha bank syariah, dengan fokus khusus pada analisis pendanaan dan pembiayaan. Terdiri atas 11 bab, buku ini mengulas berbagai aspek yang penting untuk bank syariah dalam menjalankan operasionalnya sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Berikut adalah ikhtisar dari setiap bab dalam buku ini.

  • Bab 1. Pengertian Lembaga Intermediasi dan Dampaknya terhadap Perekonomian. Bab ini menguraikan pengertian lembaga intermediasi dan dampaknya terhadap perekonomian. Selain itu, bab ini menjelaskan kegiatan usaha bank berupa pendanaan dan pembiayaan, serta perbedaannya dengan bank konvensional. Pembahasan ini memberikan dasar pemahaman tentang fungsi bank sebagai lembaga intermediasi yang menghubungkan pihak yang surplus dana dengan pihak yang membutuhkan dana.
  • Bab 2. Struktur Organisasi Bank Syariah. Bab ini membahas struktur organisasi bank syariah dan perbedaannya dengan bank konvensional. Di sini dijelaskan bagaimana peran dan tanggung jawab dalam organisasi bank syariah diatur untuk memastikan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah serta efisiensi operasional.
  • Bab 3. Kegiatan Usaha Bank dalam Menghimpun Dana. Bab ini menjelaskan berbagai kegiatan usaha bank dalam menghimpun dana, termasuk produk-produk tabungan dan investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Pembahasan juga mencakup kegiatan usaha bank dalam menyalurkan dana dan menyediakan jasa keuangan lainnya.
  • Bab 4. Sejarah dan Operasional Bank Syariah di Indonesia. Bab ini mengulas sejarah bank syariah di Indonesia dan perbedaan operasional antara bank syariah dan bank konvensional. Pembahasan ini memberikan konteks historis dan operasional yang membantu memahami perkembangan bank syariah di Indonesia.
  • Bab 5. Asset and Liability Management (ALMA). Bab ini membahas fungsi dari Asset and Liability Management (ALMA), data-data yang diperlukan dalam pengelolaan aset dan liabilitas, serta langkah-langkah kerja dalam pengelolaan tersebut. Fokus pada pengelolaan risiko dan likuiditas menjadi inti dari pembahasan ini.
  • Bab 6. Tujuan dan Manfaat Pembiayaan. Bab ini menguraikan tujuan dan manfaat dari pembiayaan, khususnya dalam konteks bank syariah. Selain itu, dibahas pula cara menganalisis pembiayaan untuk memastikan bahwa setiap pembiayaan yang diberikan tidak hanya layak secara ekonomi, tetapi juga sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.
  • Bab 7. Identifikasi dan Pengukuran Risiko Pembiayaan. Bab ini menjelaskan cara mengidentifikasi risiko pembiayaan, mekanisme mengukur risiko pembiayaan, dan aspek-aspek penting dalam memantau risiko pembiayaan. Pembahasan ini mencakup berbagai alat dan teknik yang digunakan untuk mengelola risiko dalam konteks syariah.
  • Bab 8. Analisis Pembiayaan. Bab ini mengulas tujuan dari analisis pembiayaan dan berbagai aspek yang perlu dianalisis, termasuk aspek hukum/legalitas, manajemen/karakter, teknis/produktif, pemasaran, keuangan, jaminan/agunan, dan sosial ekonomi. Pendekatan ini memastikan bahwa pembiayaan yang diberikan sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dan layak secara ekonomi.
  • Bab 9. Proses Penyaluran Pembiayaan. Bab ini membahas proses penyaluran pembiayaan di bank syariah, mulai dari evaluasi kelayakan hingga pencairan dana. Fokus diberikan pada langkah-langkah yang diambil untuk memastikan kepatuhan syariah dan mitigasi risiko.
  • Bab 10. Strategi Segmentasi Pembiayaan, Pendanaan, dan Jasa. Bab ini membahas strategi segmentasi yang digunakan oleh bank syariah dalam pembiayaan, pendanaan, dan jasa. Pembahasan mencakup pendekatan pemasaran yang sesuai dengan nilai-nilai syariah dan kebutuhan pasar.
  • Bab 11. Dinamika Industri Bank Syariah Saat Ini. Bab terakhir membahas isu-isu dan topik terkini dalam industri bank syariah. Bab ini mengulas tantangan yang dihadapi, peluang yang tersedia, dan tren yang memengaruhi perkembangan industri bank syariah di masa kini dan masa depan.

        Dengan demikian, buku ini memberikan panduan komprehensif tentang operasional dan kegiatan usaha bank syariah, dengan penekanan pada analisis pendanaan dan pembiayaan. Dengan pembahasan yang mendalam di setiap bab, buku ini menjadi sumber yang berharga bagi para praktisi, akademisi, dan siapa saja yang tertarik pada perbankan syariah.

ISBN :  978-623-181-075-5
e-ISBN :  978-623-181-076-2
Hak Cipta :
  © 2024

Belajar Jadi Lebih Mudah