Praktikum Perpajakan Edisi ke-11 [Buku 1 (Kasus) & Buku 2 (Kertas Kerja)]
Praktikum Perpajakan Edisi ke-11 [Buku 1 (Kasus) & Buku 2 (Kertas Kerja)]
Pembelian
Hubungi Kami
Bagikan
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Buku praktikum perpajakan ini disusun dengan tujuan untuk memberikan latihan secara praktis kepada mahasiswa agar dapat memahami dan mengaplikasikan peraturan perpajakan yang berlaku khususnya di Indonesia. Dengan praktikum perpajakan ini, mahasiswa tidak hanya mengerjakan soal latihan atau kasus secara parsial, tetapi dapat mengerjakan kasus perpajakan secara menyeluruh (komprehensif). Pajak terjadi pada setiap aspek kegiatan usaha bisnis dan nonbisnis, termasuk institusi pemerintah. Praktikum ini tidak memungkinkan membahas semua aspek tersebut. Oleh karena itu, disimulasikan suatu Wajib Pajak yang harus memenuhi kewajiban perpajakannya melalui kasus yang dibuat sedemikian rupa yang mencakup sebagian besar aspek perpajakan yang berlaku di Indonesia dan dijumpai dalam kenyataan yang sesungguhnya terjadi.

        Pemahaman mengenai perpajakan pada prinsipnya meliputi kegiatan menghitung, memotong, menyetor, dan melaporkan pajak. Kewajiban wajib pajak meliputi kewajiban pada diri sendiri dan kewajiban pada pihak lain (sebagai Pemotong/Pemungut Pajak). Buku praktikum ini menggunakan sistem manual. Kegiatan diawali dengan menghitung pajak yang dikerjakan pada buku kerja. Kegiatan memotong sebagai perwujudan withholding system dilakukan dengan membuat bukti potong atas pajak yang harus dipotong. Kegiatan menyetor pajak dilakukan dengan mengisi surat setoran pajak (SSP) dan (seolah-olah) membayarkan pajak tersebut ke kas Negara (kantor pos, bank, tempat lain yang ditetapkan oleh Ditjen Anggaran). Kegiatan melapor dilakukan dengan mengisi surat pemberitahuan (SPT) baik SPT Masa maupun SPT Tahunan. Selanjutnya, SPT tersebut disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.

        Buku Praktikum Perpajakan Edisi ke-11 ini berbeda dengan edisi sebelumnya yaitu, Edisi ke-10. Materinya merupakan pembaruan dari edisi sebelumnya. Disadari bahwa buku ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, saran dan masukan para pengguna buku akan membantu penyempurnaannya. Semoga bahan praktikum ini bermanfaat bagi para pengguna.

Belajar Jadi Lebih Mudah