Literasi Akuntansi dan Perpajakan UMKM
Literasi Akuntansi dan Perpajakan UMKM
Pembelian
Hubungi Kami
Bagikan
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Buku dengan judul Literasi Akuntansi dan Perpajakan UMKM diperuntukkan kepada UMKM dalam memahami akuntansi dan perpajakan secara sederhana. Dengan memahami buku ini diharapkan UMKM lebih mudah dalam praktik menyusun laporan keuangan sesuai SAK EMKM. UMKM menjadi lebih peduli pentingnya pajak bagi negara dan memenuhi kewajiban perpajakan sesuai peraturan yang berlaku (PP No. 23 Tahun 2018 maupun UU PPh). UMKM yang memahami literasi akuntansi dan mematuhi kewajiban perpajakan diharapkan dapat meningkatkan kinerja usaha. Selanjutnya, UMKM diharapkan mulai bangkit dan memiliki keunggulan bersaing yang berkelanjutan.

Buku ini terdiri atas beberapa bab yang membahas tentang siklus akuntansi sederhana untuk UMKM sampai penyusunan laporan keuangan. Bahasan lain dalam buku ini adalah kewajiban perpajakan UMKM mulai dari mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP, menghitung pajak, menyetor pajak, sampai melaporkan pajak.

Buku ini merupakan salah satu luaran Hibah Penelitian Dasar yang didanai oleh Ditjen Dikti Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional tahun 2020. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kepercayaan dan kesempatan ini. Semoga Allah Swt. memberi rida.

Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup:

Bab 1    Literasi Akuntansi dan Perpajakan UMKM: Peningkatan Daya Saing
Bab 2    Laporan Keuangan
Bab 3    Aturan Debit dan Kredit
Bab 4    Siklus Akuntansi
Bab 5    Akuntansi UMKM
Bab 6    Perpajakan UMKM: Kewajiban Pada Diri Sendiri
Bab 7    Pajak (Perpajakan) UMKM: Kewajiban Pada Pihak Lain

Belajar Jadi Lebih Mudah