Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi ke-5
Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi ke-5
Rp 169.900
Pembelian
Beli
Bagikan
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi ke-5 ini telah mengalami perubahan dan perbaikan dibandingkan edisi sebelumnya, terutama pada Bab 4 yang menjelaskan mengenai kerangka konsep dan hipotesis penelitian, serta Bab 11 yang semakin fokus menjelaskan mengenai penelitian kualitatif. Pembaruan isi buku ini adalah salah satu upaya penulis untuk semakin mendekatkan rekan sejawat dengan penelitian ilmu keperawatan. Pemahaman yang memadai mengenai metodologi penelitian sangat diperlukan, mengingat salah satu peran perawat adalah sebagai peneliti.

Buku ini terdiri atas lima bagian. Dua bagian awal menyajikan penjelasan mengenai berbagai teori sebagai dasar atau hal yang harus dipahami sebelum memulai penelitian di bidang ilmu keperawatan. Bagian ketiga menjelaskan metodologi penelitian secara lengkap, mulai dari rancangan penelitian, pengambilan sampel dari populasi, menentukan variabel penelitian, menyusun instrumen penelitian dan pengambilan data, hingga analisis data secara kuantitatif dan penulisan hasil penelitian secara kualitatif.

Melengkapi penjelasan di awal, bagian keempat dalam buku ini berisi puluhan contoh instrumen penelitian yang sangat berguna menjadi referensi mahasiswa keperawatan yang sedang atau akan melakukan tugas akhir penelitian. Terdapat beberapa instrumen penelitian baru yang ditambahkan dari edisi sebelumnya. Kemudian, bagian kelima dari buku ini berisi pedoman penulisan penelitian yang menjelaskan secara detail apa saja komponen atau bagian dari skripsi ataupun usulan penelitian lainnya secara riil.

Materi yang dibahas dalam buku ini meliputi:

Bagian 1  Tren Penelitian Keperawatan
Bab 1    Kajian Ilmiah: Berpikir Logis dan Metode Ilmiah
Bab 2    Kajian Ilmu Keperawatan

Bagian 2  Masalah Penelitian dan Kerangka Konsep
Bab 3    Masalah, Rumusan Masalah, dan Tujuan Penelitian
Bab 4    Kerangka Konsep dan Hipotesis Penelitian
Bab 5    Lingkup Masalah Penelitian Ilmu Keperawatan

Bagian 3  Metodologi Penelitian
Bab 6    Rancangan Penelitian
Bab 7    Populasi, Sampel, Sampling, dan Besar Sampel
Bab 8    Variabel Penelitian dan Definisi Operasional
Bab 9    Penyusunan Instrumen dan Pengumpulan Data
Bab 10    Analisis Data Penelitian Kuantitatif
Bab 11    Penulisan Hasil Penelitian

Bagian 4  Contoh Penyusunan Instrumen Penelitian

Bagian 5  Pedoman Penulisan Usulan Penelitian dan Skripsi

 

Belajar Jadi Lebih Mudah