Menyusun Tinjauan Pustaka: Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi serta sebagai Artikel Ilmiah
Menyusun Tinjauan Pustaka: Untuk Skripsi, Tesis, dan Disertasi serta sebagai Artikel Ilmiah
Rp 74.900
Pembelian
Versi e-book
Bagikan
Deskripsi
Spesifikasi
Ulasan
Saran

Tinjauan pustaka merupakan hal yang sangat penting dalam dunia akademik dan ilmu pengetahuan. Hal ini dikarenakan pada dasarnya tidak ada sesuatu yang betul-betul baru di dunia ini. Pengetahuan baru dapat kita ketahui dan peroleh berdasarkan pengetahuan yang telah ada sebagaimana yang dimuat di dalam literatur. Tanpa adanya tinjauan pustaka, kita tidak dapat memahami apa yang telah dilakukan tentang suatu topik, bagaimana hal itu telah diteliti, dan apa masalah utamanya. Tanpa adanya tinjauan pustaka pula, kita tidak akan memperoleh pemahaman yang cukup tentang topik penelitian yang akan kita teliti atau tentang bidang keahlian kita.

Minimnya proses pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan di Indonesia yang belum membudayakan pelaksanaan tinjauan pustaka yang terstandar yang menjadikan penulis untuk menulis karya ini. Karya sederhana ini penulis harapkan dapat berkontribusi mengisi gap tersebut. Tulisan ini berasal dari catatan dan draf tulisan lama yang telah dicicil. Catatan-catatan tersebut berasal dari bahan persiapan mengajar mata kuliah Metodologi Penelitian yang sudah berlangsung hampir tiga puluh tahun, selain bahan presentasi sebagai narasumber berbagai kegiatan pelatihan dan workshop penelitian dan penulisan ilmiah.

Tulisan ini diharapkan dapat menjadi literatur untuk semua peneliti, baik pada tingkat mahasiswa maupun para sarjana dan pakar yang dituntut untuk melakukan tinjauan pustaka di bidangnya dan sesuai dengan topik yang dikajinya.

Materi yang dibahas dalam karya ini mencakup:

Bab 1    Pendahuluan
Bab 2    Definisi dan Tujuan Tinjauan Pustaka
Bab 3    Jenis Tinjauan Pustaka
Bab 4    Kesalahan-Kesalahan Umum
Bab 5    Langkah-Langkah Pelaksanaan
Bab 6    Struktur Tinjauan Pustaka
Bab 7    Penilaian Tinjauan Pustaka

Belajar Jadi Lebih Mudah