Penulis Kami
Mohamad Soleh Nurzaman
Mohamad Soleh Nurzaman, Ph.D.

Lahir di Tangerang pada tanggal 26 Desember 1980. Gelar S1 diperoleh dari program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) tahun 2005. Kemudian, dengan beasiswa Australian Development Scholarship, beliau menyelesaikan S2 di program studi Master of International and Development Economics, Australian National University tahun 2008, dan dengan beasiswa dari Islamic Development Bank (IDB) menyelesaikan S3 pada program studi Ekonomi Islam, International Islamic University Malaysia tahun 2015.

Ketertarikan mendalami ilmu ekonomi Islam sudah dimulai sejak kuliah S1 dengan menjadi presidium nasional FOSSEI (forum silaturahmi studi ekonomi Islam) dan sejak kuliah pula telah menjadi asisten pengajar pada mata kuliah ekonomi syariah di FEB UI. Selain menjadi dosen tetap bidang Ekonomi Islam pada program sarjana dan pascasarjana Universitas Indonesia, saat ini beliau juga bekerja sebagai peneliti senior Pusat Ekonomi dan Bisnis Syariah FEB UI. Mata kuliah yang diampu adalah pengantar ekonomi Islam, ekonomi mikro Islam, ekonomi makro Islam, dan juga pada area keuangan publik Islam.

Di samping itu, beliau aktif memberikan pelatihan akademik untuk membangun konsep ilmu ekonomi Islam pada berbagai perguruan tinggi di tanah air. Penelitiannya telah dipresentasikan di berbagai seminar dan konferensi internasional, dan beberapa di antaranya telah dipublikasikan pada jurnal internasional. Di luar kegiatan akademik dan penelitian di universitas, beliau juga membantu secara profesional untuk pengembangan ekonomi dan keuangan Islam di beberapa lembaga pemerintahan di Indonesia, seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, BAZNAS, Komite Nasional Keuangan Syariah, dan lembaga internasional, seperti UNDP dan Asian Development Bank.

Prathama Rahardja
Dr. Prathama Rahardja
Dilahirkan di Pati, Jawa Tengah. Menyelesaikan kuliah di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) pada tahun 1980. Pada tahun 1983 melanjutkan studi di School of Economics, University of the Philippines, Diliman, Quezon City, Filipina. Selain itu, dalam periode 2006–2007, atas undangan National Council on Economic Education (NCEE)-U.S. Department of Education, memperoleh kesempatan menimba ilmu tentang Pengantar Mikroekonomi di Bloemfontein (Afrika Selatan), Teori Mikroekonomi di Mexico City, Teori Makroekonomi di Durban (Afrika Selatan), dan Ekonomi Internasional di Benoni (Afrika Selatan). Saat ini masih mengajar di almamaternya (FEB UI) dan Sekolah Tinggi Hukum Militer TNI AD. Selain itu, sejak 2006 sebagai pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ekonomi dan International Economics Olympiad. Selain buku-buku untuk mahasiswa, beliau juga banyak menulis buku-buku Ekonomi SMA/MA.
Mandala Manurung
Mandala Manurung, S.E., M.E.

Dilahirkan di Medan, Sumatra Utara. Program S-1 diselesaikan di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) tahun 1989. Studinya dilanjutkan di Program Pascasarjana Universitas Indonesia, bidang Ilmu Ekonomi Perencanaan, dengan tesis tentang Perekonomian Indonesia (Analisis New Keynesian Economics). Saat ini sedang menyelesaikan disertasi Program Doktor di Universitas Indonesia. Kini, beliau aktif mengajar di almamaternya, FEB UI.

Gita Kurnia
Gita Kurnia, S.T., M.Sc.

Dosen tetap sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina. Sebelum menjadi dosen, ia pernah berkecimpung selama dua tahun di industri pelayaran sebagai Technical Auditor. Penulis meraih gelar Sarjana Teknik Perkapalan dari Universitas Indonesia dan Master of Science bidang Operation and Management of Maritime Systems dari Hochschule Wismar—University of Applied Sciences, Jerman.

Fokus penelitian yang ditekuni adalah logistik maritim, transportasi laut, shipping, sistem pelabuhan, dan manajemen kualitas. Sejak tahun 2016, penulis turut berpartisipasi dalam penyusunan bahan ajar dan menjadi pengajar mata kuliah Berpikir Solusi Kreatif serta memberikan pelatihan pengantar Berpikir Solusi Kreatif untuk para dosen di Universitas Pertamina. Selain itu, penulis aktif memicu mahasiswa untuk menerapkan metode Creative Problem Solving pada mata kuliah tingkat lanjut maupun karya ilmiah mahasiswa.

Ayu Dahliyanti
Ayu Dahliyanti, M.Eng.

Dosen program studi Teknik Kimia dan Koordinator Mata Kuliah Berpikir Solusi Kreatif di Universitas Pertamina. Sebelumnya, ia bergabung selama tiga tahun di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau. Penulis memperoleh gelar Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia dan Master of Engineering dari Tokyo Institute of Technology, Jepang. Bidang riset yang ditekuni antara lain terkait material maju dan pengolahan limbah menjadi sumber energi atau produk bernilai ekonomi tinggi.

Sejak awal berdirinya Universitas Pertamina, penulis aktif berperan dalam perumusan kurikulum dan penyusunan bahan ajar mata kuliah Berpikir Solusi Kreatif, serta memberi pelatihan terkait materi tersebut pada seluruh dosen di Universitas Pertamina. Saat ini, penulis tengah menyusun strategi untuk penerapan dan integrasi metode Berpikir Solusi Kreatif pada mata kuliah lanjut, khususnya untuk program studi Teknik Kimia.

Betanti Ridhosari
Betanti Ridhosari, S.T., M.T.

Dosen Teknik Lingkungan Universitas Pertamina serta Manajer Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat di bawah divisi Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja Sama. Lulusan Program Pascasarjana Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung ini memulai kariernya pada tahun 2013 pada salah satu lembaga pemerintahan sebagai Project Management Officer. Pada Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina, ia tergabung dalam bidang keahlian Manajemen Lingkungan.

Ari Rahman
Dr. Eng. Ari Rahman, M. Eng.

Meraih gelar Doktor (Doctor of Engineering) dari Department of Environmental Solution Technology, Faculty of Science and Technology, Ryukoku University Japan dengan beasiswa Monbukagakusho dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT), Japan. Ia pernah mengikuti berbagai training tentang critical thinking, creative problem solving, design thinking, logical thinking, dan lain-lain.

Saat ini, penulis menjabat sebagai Ketua Program Studi sekaligus Dosen Tetap di Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Universitas Pertamina.

Iktri Madrinovella
Iktri Madrinovella, S.T., M.Si.

Lulusan S-1 Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung dan S-2 Sains Kebumian Institut Teknologi Bandung. Ia berpengalaman kerja selama tiga tahun di PT Elnusa Tbk. sebagai Junior Seismologist sebelum menjadi Dosen Teknik Geofisika Universitas Pertamina pada tahun 2016. Bidang penelitian yang ditekuni oleh penulis adalah Seismologi Gempa Bumi. Saat ini, ia menjabat sebagai Manajer Pengembangan Pembelajaran di bawah Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Raden Roro Mirna Astari Magetsari
Raden Roro Mirna Astari Magetsari, M.A.B.

Dosen dan praktisi di bidang Manajemen. Minat dan bidangnya meliputi Sumber Daya Manusia, Manajemen Manusia, Kewirausahaan, Kreativitas dan Inovasi, Inisiasi Bisnis, serta Pengembangan Bisnis. Ia merupakan lulusan Master of Business Administration dari Institut Teknologi Bandung. Penulis menjabat sebagai Manajer Operasional Sumber Daya Manusia di Universitas Pertamina dan saat ini berstatus sebagai dosen tetap program studi Manajemen Universitas Pertamina.

Selain mengajar, penulis aktif menangani proyek-proyek untuk pemerintah, BUMN, dan swasta, antara lain British Embassy, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Dinas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kota Bandung, Pertamina, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Aqua Danone, Shell LiveWIRE, dan lainnya.

Rezqi Ananda Basid
Rezqi Ananda Basid, S.E., M.B.A., CFP.

Dosen pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pertamina dengan pendalaman ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Saat ini, ia juga menjabat sebagai Manajer Satuan Pengawas Internal. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Mulawarman pada tahun 2012 serta pendidikan S2 Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2015. Selain mengajar, penulis juga aktif menjadi pembicara seminar/pelatihan perencanaan keuangan dan investasi.

Ahmad Rodoni
Prof. Dr. Ahmad Rodoni

Lahir di Jakarta pada tanggal 3 Februari 1969. Beliau adalah Guru Besar pada Bidang Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menjadi anggota Dewan Penasihat Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Beliau menempuh pendidikan S-1 di Universitas Trisakti Jakarta, lulus tahun 1993; program Magister Manajemen pada bidang keuangan di UGM, lulus tahun 1995; dan menyelesaikan Program Doctor Business Administration (DBA) di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada bidang keuangan tahun 2001 dengan spesialisasi financial market, corporate finance, dan Islamic Investment.

Beberapa buku beliau telah dipublikasikan, yang bertemakan Manajemen Keuangan Modern, Asuransi dan Pegadaian Syariah; Lembaga Keuangan Syariah; Analisis Teknikal dan Fundamental pada Pasar Modal. Selain dalam bentuk buku, beberapa karya beliau telah dipublikasikan pada jurnal nasional dan jurnal internasional.

Muhammad Anwar Fathoni
Muhammad Anwar Fathoni, Lc., M.A.

Lahir di sebuah desa kecil di pinggiran Jawa Timur, tepatnya di Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, pada tanggal 4 Agustus 1992. Penulis menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Turi, lulus tahun 2004; MTsN Denanyar Jombang, lulus tahun 2007; dan MAN Denanyar Jombang, lulus tahun 2010, sekaligus nyantri di Pondok Pesantren yang didirikan oleh al-marhum al-maghfurlah KH. Bisri Syansuri, yaitu Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Setelah itu, penulis melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Al-Azhar Mesir, lulus tahun 2014; program Magister Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2017; dan saat ini tengah menempuh program Doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Penulis adalah Dosen sekaligus Ketua Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Beberapa tulisan penulis telah diterbitkan baik berupa buku maupun artikel ilmiah, yaitu “Budaya Perusahaan dan Kinerja Pemasaran: Studi Komparatif Bank Muamalat dan BNI Syariah”, “Konsep Pemasaran dalam Perspektif Hukum Islam”, “Lindung Nilai (Hedging) Perspektif Islam: Komparasi Indonesia dan Malaysia”, “Potential Mapping of Pesantren as Community Economic Empowerment Capital”, “Manajemen Pemasaran Islam”.

Tia Yuliawati
Tia Yuliawati, S.Pd., M.M.

Lahir di Sumedang, 13 Juni 1990. Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen  Program Studi Manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI), serta mengampu mata kuliah Manajemen Keuangan.

Penulis menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI pada tahun 2012, kemudian melanjutkan studi pascasarjana di Magister Manajemen Universitas Padjadjaran (Unpad) dan lulus pada tahun 2015. Penulis tercatat aktif sebagai Ketua Korps Muda Wanita Islam (Kordawi) Provinsi Jawa Barat periode 2017–2022.

Fitranty Adirestuty
Fitranty Adirestuty, S.Pd., M.Si.

Lahir di Majalengka, 3 Maret 1990. Penulis merupakan dosen Program Studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI). Penulis menyelesaikan program sarjana Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI pada tahun 2012, kemudian melanjutkan studi pascasarjana Kajian Timur Tengah Islam di Universitas Indonesia (UI) dan lulus pada tahun 2014.

Penulis juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Jurnal Review of Islamic Economics and Finance (RIEF) dari tahun 2018 hingga sekarang dan pengurus harian Korps Alumni Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FoSSEI). Selain itu, penulis juga aktif dalam berbagai kegiatan, antara lain menjadi pegiat usaha hotel berstandar syariah di Green Hotel Ciamis dan kontributor penulis pada buku KAI RECIPE, Perjalanan Transformasi Kereta Api Indonesia yang diterbitkan oleh Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB-UI) tahun 2015.

Tria Eni Rafika Devi
Tria Eni Rafika Devi, S.S.T., M.Kes.

Lahir di Banyuwangi, 20 November 1986. Pada tahun 2007, penulis menyelesaikan pendidikan Prodi D-3 Kebidanannya di Poltekes Kemenkes Malang. Pada tahun 2008, penulis menyelesaikan pendidikan D-4 Bidan Pendidik di Stikes Insan Unggul Surabaya. Pada tahun 2013, penulis telah lulus S-2 PDPK Prodi Kedokteran Keluarga di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Perjalanan karier penulis di tahun 2008 sebagai pendidik di Akkes Rustida Glenmor Banyuwangi sampai tahun 2011. Kemudian penulis mengikuti tugas suami ke Jakarta dan mengabdi di Stikes Bhakti Pertiwi Indonesia Jakarta Selatan sampai tahun 2019. Selain sebagai pengajar, penulis juga tergabung sebagai anggota organisasi profesi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Asosiasi Dosen Indonesia (ADI). Penulis telah lulus sertifikasi pendidik pada tahun 2017 serta aktif dalam kegiatan pelayanan kesehatan di bawah naungan persatuan istri tentara (Persit) hingga saat ini.

Belajar Jadi Lebih Mudah