Penulis Kami
Rambat Lupiyoadi
-

Alumnus Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI). Sejak 1997, aktif sebagai staf pengajar, peneliti, konsultan di FEB-UI, Magister Manajemen (MM) UI, UKM Center FEB-UI, dan Lembaga Manajemen FEB-UI. Saat ini, beliau dipercaya menjadi Wakil Direktur UKM Center FEB-UI dan Komisaris di PT Gaido Group, sebuah grup usaha nasional yang bergerak di bidang tour & travel (halal tourism), media majalah Haji & Umrah, restoran tradisional dan kawasan wisata alam. Selain itu, beliau juga menjabat sebagai Chairman Advisory Committee pada IRQA Indonesia, sebuah lembaga jasa sertifikasi ISO di Indonesia. Bidang keahliannya adalah Manajemen Pemasaran, Pemasaran Jasa, Manajemen Stratejik, Kewirausahaan & UMKM, serta Metode Riset Bisnis. Atas kiprah dan kreativitasnya dalam bidang kependidikan/pengajaran, penulis pernah mendapatkan penghargaan STIAMI Education Award kategori Dosen Berprestasi.

A. Aziz Alimul Hidayat
Dr. A. Aziz Alimul Hidayat, Ns., M. Kes.

Lahir di Lamongan, Jawa timur, 8 Desember 1974. Tahun 1996 menyelesaikan pendidikan D-3 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Surabaya, kemudian melanjutkan studi Sarjana dan Profesi Ners di Universitas Airlangga. Pendidikan S-2 dan S-3 di bidang Ilmu Kesehatan ditempuh di Universitas Airlangga. Disertasi dengan judul “Model Self Assessment Mutu”, Program Studi Keperawatan Berbasis Malcolm Baldrige telah mengantarkannya sebagai doktor di bidang ilmu kesehatan. Berbagai penghargaan dan karya ilmiah pernah diraihnya, baik penghargaan yang datangnya dari Kementerian Riset dan Teknologi, Dirjen Pendidikan Tinggi, PPNI Provinsi Jawa Timur, maupun Penerbit Salemba Medika. Penulis saat ini dipercaya untuk menjadi Wakil Rektor 1 (bidang akademik) Universitas Muhammadiyah Surabaya, selain itu juga menjadi assessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di bidang Keperawatan, validator LAM-PT Kes, Reviewer Penelitian Desentralisasi, dan hibah buku ajar/teks.

Nursalam
Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs. (Hons.)

Staf pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair). Penulis menempuh pendidikan D-3 Ilmu Keperawatan di Akademi Keperawatan Sutomo Surabaya lulus tahun 1988. Pada tahun 1991, penulis mendapatkan Graduate Certificate Medical Surgical Nursing di Lambton College Sarnia, Ontario, Kanada. Kemudian, penulis menyelesaikan S-2 Keperawatan (Coursework tahun 1996) di University of Wollongong, New South Wales, Australia, dan mendapatkan gelar Honours Master of Nursing di universitas yang sama pada tahun 1998. Pada tahun 2005, penulis menyelesaikan pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran di Program Pascasarjana Unair.

Zalmi Zubir
-

Zalmi Zubir lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1984 dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari Strathclyde Graduate Business School (SGBS), University of Strathclyde, Glasgow, Inggris, 1992. Saat ini, penulis adalah staf pengajar pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan juga sebagai pengajar tidak tetap pada MM Universitas Andalas. Di samping itu, penulis juga berkarier dalam dunia bisnis dan pernah menjabat sebagai staf Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi UI, 1984–1991, sebagai Direktur Keuangan dan Direktur Utama PT Koprimatex (GKBI Group), 1995–1997. Direktur pada berbagai perusahaan di lingkungan Medco Group antara lain Direktur Utama PT Grahamas Citrawisata (Hotel Novotel Bukittinggi), 2000–2002. Direktur Utama PT Satria Balitama (Hotel Bali Imperial), 2000-2003, Direktur Keuangan PT Meta Epsi Agro dan PT Ciptatani Kumai Sejahtera (Perkebunan Kelapa Sawit), 2003–2004. Direktur Keuangan PT Metrix Indonesia (Distributor Produk Makanan), PT Sentrafood Indonusa, PT Sentraboga Intiselera (Produsen Salam Mie), 2004–2005. General Manager Keuangan dan Administrasi PT Cipta Mortar Utama (2011).

Dewi Kartikawati Ningsih
-

Staf pengajar di Departemen Emergency Nursing Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Keperawatan dari Universitas Brawijaya Malang dan S-2 dari University of Nebraska Medical Center, USA. Sebelum menjadi dosen aktif, penulis mengambil program magang di Unit Gawat Darurat (UGD) RS dr. Saiful Anwar Malang pada tahun 2004–2005. Dua tahun kemudian yaitu pada tahun 2007 penulis mengikuti short course-emergency field di Singapore General Hospital dari Singapore International Foundation (SIF). Pada tahun 2012 penulis menerima beasiswa dari USAID untuk melanjutkan pendidikan S-2 di University of Nebraska Medical Center, USA program Master of Public Health konsentrasi di Health Policy.

Oda Debora
Ns. Oda Debora, M.Kep.

Lahir di kota Malang pada 29 April 1985. Penulis adalah anak pertama dari dua bersaudara pasangan Rudyo Handoko dan Agustin Susarmi. Sejak TK hingga SMA, penulis mendapatkan pendidikan formal di sekolah katolik, yaitu Kolese St. Yusup Malang yang ada di bawah kongregasi imam CDD. Setelah lulus dari SMUK Kolese St. Yusup Malang pada 2003, penulis melanjutkan pendidikan Sarjana di Program Studi (Prodi) Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB) Malang pada tahun yang sama.

Musrifatul Uliyah
Musrifatul Uliyah, M.Kes.

Staf pengajar pada Universitas Muhammadiyah Surabaya. Lulusan S-2 UNS ini telah berpengalaman dalam penulisan buku teks khususnya di bidang ilmu keperawatan dasar. Penulis pernah mendapatkan hibah penulisan buku ajar dari Dikti tahun 2007.

M. Nafarin
-

Kelahiran Rantau, Kalimantan Selatan pada 5 Maret 1957. Pada tahun 1986, penulis memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (Drs.) Program Studi (Prodi) Manajemen Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI), Banjarmasin. Pendidikan Magister Manajemen (M.M.) diselesaikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Panca Setia, Banjarmasin, tahun 2003.

Nur Aini
Nur Aini, S.Kep., Ns., M.Kep.
Lahir di Lamongan, 29 April 1983. Penulis menyelesaikan pendidikannya di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya (UB) Malang pada tahun 2006 dan profesi Ners di Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun 2007. Kemudian pada tahun 2010, penulis menyelesaikan pendidikan Magister Keperawatan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Penulis memulai kariernya sejak tahun 2007, dengan bekerja sebagai dosen di Stikes Insan Unggul Surabaya. Lalu sejak tahun 2012, penulis aktif sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Secara khusus, penulis berminat dalam bidang keperawatan dasar dan keperawatan medikal bedah.
Aris Nur Ramdhani
Ns. Aris Nur Ramdhani, S.Kep.

Lulus dari pendidikan Diploma III (D-3) Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Sumedang sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude pada tahun 2010. Pada tahun 2013, penulis melanjutkan studi Sarjana Program Ekstensi di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) dan lulus sebagai Ners pada tahun 2016 dengan predikat cumlaude. Penulis memiliki pengalaman perawat klinis (clinical nurse) di beberapa rumah sakit dan aktif dalam kegiatan volunteer. Selain itu, penulis aktif dalam kegiatan ilmiah dan menerbitkan buku dengan topik tentang keperawatan/kesehatan ataupun sastra.

Dicky Firmana
Dicky Firmana, S.Kep., Ners., M.Kep.

Lahir 15 Juli 1984 di Sumedang, Jawa Barat. Pada tahun 2002, penulis memulai pendidikan Keperawatan di Akademi Keperawatan PPNI Jawa Barat, Bandung. Pada tahun 2006–2009, penulis menyelesaikan pendidikan Program Sarjana dan Profesi (Ners) Keperawatan di Stikes Binawan, Jakarta. Penulis melanjutkan pendidikan Program Pasca-sarjana (Magister) di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, Bandung, pada tahun 2013–2015 dengan peminatan Keperawatan Medikal Bedah (KMB).

Yoes Prijatna Dachlan
Prof. Dr. Yoes Prijatna Dachlan, dr., M.Sc., Sp.Park

Dosen Program Pendidikan Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga. Beliau lahir di Denpasar, Bali. Beliau lulus di Pendidikan Dokter di FK Universitas Airlangga pada tahun 1972, lulus Pendidikan Magister di University of Amsterdam The Netherlands pada tahun 1980, dan lulus Pendidikan Program Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga pada tahun 1990. Beliau memperoleh gelar Guru Besar pada tahun 1998.

Diah Savitri Ernawati
Prof. Dr. Diah Savitri Ernawati, drg., Msi., Sp.PM

Kepala bagian Departemen Ilmu Penyakit Mulut di FKG Universitas Airlangga Surabaya. Beliau lahir di Pontianak pada 29 April 1960. Lulus dari Pendidikan Dokter Gigi di FKG Universitas Airlangga tahun 1984, lulus dari Pendidikan Magister di FK Universitas Airlangga pada tahun 2000, lulus dari Pendidikan Program Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga pada 2005, dan lulus Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis bagian Ilmu Penyakit Mulut tahun 2009. Beliau memperoleh gelar Guru Besar pada tahun 2011. Sejak 2014 hingga saat ini beliau adalah ketua Ikatan Penyakit Mulut Indonesia Pusat.

Kurniawan Taufiq Kadafi
dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A., M.Biomed.

Lahir di Cilacap, 12 Februari 1983. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Majapura 1 dan SMP Negeri 1 Bobotsari, Purbalingga. Menamatkan pendidikan SMA, di SMA Negeri 2 Kediri dan Ponpes Al-Ishlah, Kediri. Pendidikan dokter umum diselesaikan pada tahun 2006 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB). Pada tahun 2012 menamatkan pendidikan Magister Ilmu Biomedik minat Imunologi Kedokteran FK-UB dan pada tahun yang sama juga menyelesaikan pendidikan dokter spesialis anak di fakultas atau universitas yang sama.

Ikhda Ulya
-

Staf pengajar di Departemen Emergency Nursing Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Penulis menyelesaikan Pendidikan S-1 Keperawatan dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan S-2 Keperawatan di Universitas Brawijaya Malang dengan Peminatan Gawat Darurat pada tahun 2013.

Bintari Ratih Kusumaningrum
-

Staf pengajar di Departemen Emergency Nursing Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Univeritas Brawijaya Malang. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Keperawatan dari Universitas Brawijaya Malang tahun 2009 dan pendidikan magister keperawatan peminatan gawat darurat di Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang tahun 2013. Sebelum menjadi dosen aktif, penulis mengambil program magang di Unit Gawat Darurat RSUD Dr. Saiful Anwar Malang tahun 2013.

Respati Suryanto Drajat
-

Lahir di Yogyakarta, 15 April 1954. Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta pada tahun 1980, menyelesaikan pendidikan dokter spesialis ortopedi dan traumatologi pada universitas yang sama pada tahun 1989. Pendidikan S-3 Kedokteran ditempuh Universitas Airlangga selesai pada tahun 2012.

Ledy Martha Aridiana
-
Lahir di Blitar, 25 Maret 1982. Penulis menyelesaikan pendidikannya di Program Studi Ilmu Keperawatan di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2004 dan profesi Ners di Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 2006. Pada tahun 2007, penulis menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen Rumah Sakit di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK-UGM). Penulis memulai kariernya sebagai dosen di Stikes Jenderal Ahmad Yani, Yogyakarta (2007–2009), sebagai Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan dan Pembantu Ketua I bidang Akademik. Pada tahun 2009–2011, penulis bekerja sebagai perawat di klaster ginjal Rumah Sakit Akademik UGM dan sebagai ketua tim keperawatan dalam tim sistem manajemen klinik dan proses pendidikan rumah sakit akademik UGM. Pada tahun 2012–2014, penulis berkiprah sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Malang dan sebagai sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan, penulis aktif sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan UMM pada mata kuliah proses dokumentasi keperawatan dan manajemen keperawatan.
Ihda Fakhriyana Istikarini
Ns. Ihda Fakhriyana Istikarini, S.Kep.

Menjadi mahasiswi keperawatan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) sejak tahun 2011 dan menjadi lulusan terbaik jenjang sarjana FIK-UI pada tahun 2015 dan Program Profesi Ners FIK-UI 2016 dengan predikat cumlaude. Aktif di beberapa organisasi di dalam kampus ataupun di luar kampus. Penulis pernah menjuarai beberapa perlombaan tingkat Jabodetabek ataupun Nasional, seperti Lomba Cepat Tanggap Keperawatan (2013), Lomba Cerdas Cermat Keperawatan (2014), Nursing Skill Competition Nersvaganza ILMIKI (2015). Pada tahun 2014, penulis juga pernah lolos dalam seleksi tertulis Call for Papers NURSETECH 2014 International Student Congress dari Turki. Saat ini, penulis bekerja sebagai perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Ratna Susiyanti
Ns. Ratna Susiyanti, S.Kep.

Lulusan peraih cumlaude Program Ners dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) tahun 2016 ini sangat mencintai bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan. Penulis pernah bekerja di Pro-Emergency yang merupakan layanan gawat darurat daerah Jabodetabek. Aktif di beberapa organisasi di dalam ataupun di luar kampus, serta pernah tergabung dalam organisasi kebencanaan tingkat Nasional, yaitu BPBN ILMIKI.

Belajar Jadi Lebih Mudah