Penulis Kami
Rambat Lupiyoadi
-

Alumnus Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI). Sejak 1997, aktif sebagai staf pengajar, peneliti, konsultan di FEB-UI, Magister Manajemen (MM) UI, UKM Center FEB-UI, dan Lembaga Manajemen FEB-UI. Saat ini, beliau dipercaya menjadi Wakil Direktur UKM Center FEB-UI dan Komisaris di PT Gaido Group, sebuah grup usaha nasional yang bergerak di bidang tour & travel (halal tourism), media majalah Haji & Umrah, restoran tradisional dan kawasan wisata alam. Selain itu, beliau juga menjabat sebagai Chairman Advisory Committee pada IRQA Indonesia, sebuah lembaga jasa sertifikasi ISO di Indonesia. Bidang keahliannya adalah Manajemen Pemasaran, Pemasaran Jasa, Manajemen Stratejik, Kewirausahaan & UMKM, serta Metode Riset Bisnis. Atas kiprah dan kreativitasnya dalam bidang kependidikan/pengajaran, penulis pernah mendapatkan penghargaan STIAMI Education Award kategori Dosen Berprestasi.

Nursalam
Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs. (Hons.)

Staf pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair). Penulis menempuh pendidikan D-3 Ilmu Keperawatan di Akademi Keperawatan Sutomo Surabaya lulus tahun 1988. Pada tahun 1991, penulis mendapatkan Graduate Certificate Medical Surgical Nursing di Lambton College Sarnia, Ontario, Kanada. Kemudian, penulis menyelesaikan S-2 Keperawatan (Coursework tahun 1996) di University of Wollongong, New South Wales, Australia, dan mendapatkan gelar Honours Master of Nursing di universitas yang sama pada tahun 1998. Pada tahun 2005, penulis menyelesaikan pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran di Program Pascasarjana Unair.

Zalmi Zubir
-

Zalmi Zubir lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1984 dan memperoleh gelar Master of Business Administration dari Strathclyde Graduate Business School (SGBS), University of Strathclyde, Glasgow, Inggris, 1992. Saat ini, penulis adalah staf pengajar pada Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan juga sebagai pengajar tidak tetap pada MM Universitas Andalas. Di samping itu, penulis juga berkarier dalam dunia bisnis dan pernah menjabat sebagai staf Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi UI, 1984–1991, sebagai Direktur Keuangan dan Direktur Utama PT Koprimatex (GKBI Group), 1995–1997. Direktur pada berbagai perusahaan di lingkungan Medco Group antara lain Direktur Utama PT Grahamas Citrawisata (Hotel Novotel Bukittinggi), 2000–2002. Direktur Utama PT Satria Balitama (Hotel Bali Imperial), 2000-2003, Direktur Keuangan PT Meta Epsi Agro dan PT Ciptatani Kumai Sejahtera (Perkebunan Kelapa Sawit), 2003–2004. Direktur Keuangan PT Metrix Indonesia (Distributor Produk Makanan), PT Sentrafood Indonusa, PT Sentraboga Intiselera (Produsen Salam Mie), 2004–2005. General Manager Keuangan dan Administrasi PT Cipta Mortar Utama (2011).

M. Nafarin
-

Kelahiran Rantau, Kalimantan Selatan pada 5 Maret 1957. Pada tahun 1986, penulis memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (Drs.) Program Studi (Prodi) Manajemen Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI), Banjarmasin. Pendidikan Magister Manajemen (M.M.) diselesaikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Panca Setia, Banjarmasin, tahun 2003.

Aris Nur Ramdhani
Ns. Aris Nur Ramdhani, S.Kep.

Lulus dari pendidikan Diploma III (D-3) Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Sumedang sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude pada tahun 2010. Pada tahun 2013, penulis melanjutkan studi Sarjana Program Ekstensi di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) dan lulus sebagai Ners pada tahun 2016 dengan predikat cumlaude. Penulis memiliki pengalaman perawat klinis (clinical nurse) di beberapa rumah sakit dan aktif dalam kegiatan volunteer. Selain itu, penulis aktif dalam kegiatan ilmiah dan menerbitkan buku dengan topik tentang keperawatan/kesehatan ataupun sastra.

Ihda Fakhriyana Istikarini
Ns. Ihda Fakhriyana Istikarini, S.Kep.

Menjadi mahasiswi keperawatan di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) sejak tahun 2011 dan menjadi lulusan terbaik jenjang sarjana FIK-UI pada tahun 2015 dan Program Profesi Ners FIK-UI 2016 dengan predikat cumlaude. Aktif di beberapa organisasi di dalam kampus ataupun di luar kampus. Penulis pernah menjuarai beberapa perlombaan tingkat Jabodetabek ataupun Nasional, seperti Lomba Cepat Tanggap Keperawatan (2013), Lomba Cerdas Cermat Keperawatan (2014), Nursing Skill Competition Nersvaganza ILMIKI (2015). Pada tahun 2014, penulis juga pernah lolos dalam seleksi tertulis Call for Papers NURSETECH 2014 International Student Congress dari Turki. Saat ini, penulis bekerja sebagai perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Ratna Susiyanti
Ns. Ratna Susiyanti, S.Kep.

Lulusan peraih cumlaude Program Ners dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) tahun 2016 ini sangat mencintai bidang kegawatdaruratan dan kebencanaan. Penulis pernah bekerja di Pro-Emergency yang merupakan layanan gawat darurat daerah Jabodetabek. Aktif di beberapa organisasi di dalam ataupun di luar kampus, serta pernah tergabung dalam organisasi kebencanaan tingkat Nasional, yaitu BPBN ILMIKI.

Dwanti Retno Asih
Ns. Dwanti Retno Asih, S.Kep.

Aktif berorganisasi sejak 2012–2016, di dalam ataupun di luar kampus. Lulusan Program Ners Universitas Indonesia (UI) ini kini bekerja di salah satu RS di wilayah Jakarta, sering menjadi, moderator, panelis, pembicara kegiatan organisasi intrakampus, dan dipercaya menjadi asisten peneliti dosen tahun 2012, 2015, dan 2016, serta volunteer UI Peduli 2014. Peraih KTI terbaik dan mahasiswa terdisiplin Pemilihan Mahasiswa Muslim Keperawatan Teladan (PMMKT). Pada tahun 2015, penulis menerbitkan buku dengan topik “Latihan Fisik Lanjut Usia (LAFISKA)” bersama beberapa dosen Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) UI.

Mutia Pujanti Rahayu
Ns. Mutia Pujanti Rahayu, S.Kep.

Lulus dari pendidikan Diploma III (D-3) Stikes MH.Thamrin pada tahun 2009 dengan predikat cumlaude. Pada tahun 2013, penulis melanjutkan studi Sarjana di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) dengan Beasiswa Tugas Belajar BPPSDM Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan lulus sebagai Ners pada tahun 2016 dengan predikat cumlaude. Penulis saat ini bekerja di RS Kanker Dharmais dan memiliki minat di bidang keperawatan onkologi.

Tiara Rahmah Dini Hanjari
Ns. Tiara Rahmah Dini Hanjari, S.Kep.

Lulusan Diploma III (D-3) Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kalimantan Timur sebagai salah satu lulusan terbaik dengan predikat cumlaude tahun 2013. Pada tahun 2016, penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Keperawatan dan pada tahun 2017 telah menyelesaikan pendidikan Program Profesi Ners dengan predikat cumlaude. Penulis aktif dalam kegiatan kemahasiswaan, seperti BEM dan kegiatan kepanitiaan. Berbagai ranah lapangan kerja di bidang keperawatan telah digeluti oleh penulis, beberapa di antaranya sebagai perawat di klinik saraf dan rehabilitasi medis Matahari Bhakti Husada, homecare Cahaya Husada Kaltim, U-Care VVIP Ambulance, dan hingga saat ini penulis bekerja sebagai perawat di RSUD Budi Asih Jakarta Timur.

Quratul'ain Mubarakah
Quratul'ain Mubarakah A.

Quratul’ain Mubarakah, S.E., M.S.M., CA.

[Tim Penulis] Poltekkes Maluku
-
Tidak ada deskripsi.
M. Taufik
-
Tidak ada deskripsi.
Dwi Anggraini
-
Tidak ada deskripsi.
Mohamad Soleh Nurzaman
Mohamad Soleh Nurzaman, Ph.D.

Lahir di Tangerang pada tanggal 26 Desember 1980. Gelar S1 diperoleh dari program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) tahun 2005. Kemudian, dengan beasiswa Australian Development Scholarship, beliau menyelesaikan S2 di program studi Master of International and Development Economics, Australian National University tahun 2008, dan dengan beasiswa dari Islamic Development Bank (IDB) menyelesaikan S3 pada program studi Ekonomi Islam, International Islamic University Malaysia tahun 2015.

Prathama Rahardja
Dr. Prathama Rahardja
Dilahirkan di Pati, Jawa Tengah. Menyelesaikan kuliah di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) pada tahun 1980. Pada tahun 1983 melanjutkan studi di School of Economics, University of the Philippines, Diliman, Quezon City, Filipina. Selain itu, dalam periode 2006–2007, atas undangan National Council on Economic Education (NCEE)-U.S. Department of Education, memperoleh kesempatan menimba ilmu tentang Pengantar Mikroekonomi di Bloemfontein (Afrika Selatan), Teori Mikroekonomi di Mexico City, Teori Makroekonomi di Durban (Afrika Selatan), dan Ekonomi Internasional di Benoni (Afrika Selatan). Saat ini masih mengajar di almamaternya (FEB UI) dan Sekolah Tinggi Hukum Militer TNI AD. Selain itu, sejak 2006 sebagai pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ekonomi dan International Economics Olympiad. Selain buku-buku untuk mahasiswa, beliau juga banyak menulis buku-buku Ekonomi SMA/MA.
Mandala Manurung
Mandala Manurung, S.E., M.E.

Dilahirkan di Medan, Sumatra Utara. Program S-1 diselesaikan di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) tahun 1989. Studinya dilanjutkan di Program Pascasarjana Universitas Indonesia, bidang Ilmu Ekonomi Perencanaan, dengan tesis tentang Perekonomian Indonesia (Analisis New Keynesian Economics). Saat ini sedang menyelesaikan disertasi Program Doktor di Universitas Indonesia. Kini, beliau aktif mengajar di almamaternya, FEB UI.

Gita Kurnia
Gita Kurnia, S.T., M.Sc.

Dosen tetap sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina. Sebelum menjadi dosen, ia pernah berkecimpung selama dua tahun di industri pelayaran sebagai Technical Auditor. Penulis meraih gelar Sarjana Teknik Perkapalan dari Universitas Indonesia dan Master of Science bidang Operation and Management of Maritime Systems dari Hochschule Wismar—University of Applied Sciences, Jerman.

Ayu Dahliyanti
Ayu Dahliyanti, M.Eng.

Dosen program studi Teknik Kimia dan Koordinator Mata Kuliah Berpikir Solusi Kreatif di Universitas Pertamina. Sebelumnya, ia bergabung selama tiga tahun di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau. Penulis memperoleh gelar Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia dan Master of Engineering dari Tokyo Institute of Technology, Jepang. Bidang riset yang ditekuni antara lain terkait material maju dan pengolahan limbah menjadi sumber energi atau produk bernilai ekonomi tinggi.

Betanti Ridhosari
Betanti Ridhosari, S.T., M.T.

Dosen Teknik Lingkungan Universitas Pertamina serta Manajer Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat di bawah divisi Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja Sama. Lulusan Program Pascasarjana Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung ini memulai kariernya pada tahun 2013 pada salah satu lembaga pemerintahan sebagai Project Management Officer. Pada Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina, ia tergabung dalam bidang keahlian Manajemen Lingkungan.

Belajar Jadi Lebih Mudah