Penulis Kami
Amir Abadi Jusuf
-

Amir Abadi Jusuf telah mengajar di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sejak 1975. Beliau telah pendiri, partner, dan kepala partner RSM AAJ Associates - afiliasi dari RSM International, dengan pengalaman selama 30 tahun dalam bidang audit keuangan, audit kinerja, audit khusus, pengendalian internal, uji kelayakan bisnis dan keuangan, sistem informasi akuntansi, tata kelola perusahaan, tata kelola pensiun, merger dan akuisisi, valuasi dan restrukturisasi bisnis, pengelolaan kasus kepailitan, dan praktik konsultasi lainnya. Amir juga menjadi presiden komisaris sekaligus pernah menjadi komisaris independen di berbagai perusahaan publik yang terjadi di Bursa Efek Indonesia (dahulu Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya), serta ketua dan anggota komite audit beberapa perusahaan publik. Sebagai seorang akuntan publik bersertifikat sejak 1976, beliau memainkan peranan aktif dan penting dalam pengembangan profesi akuntansi di Indonesia. Beliau pernah menjadi Ketua Kompartemen Akuntan Publik IAI, dan menjadi anggota Dewan di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Beliau pernah pula menjadi anggota dewan IFEA (The Indonesian Financial Executives Association) selama lebih dari 10 tahun dan wakil ketua The Indonesian Receivers and Administrators Association. Meski memiliki kesibukan yang tinggi, Amir selalu mencoba mencari waktu untuk membaca buku.

Chaerul D. Djakman
-
Chaerul D. Djakman adalah Ketua Program Pengembangan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah menyelesaikan gelar Master of Business Administration dari University of Colorado, Boulder, Chaerul memutuskan untuk menjadi staf pengajar purna waktu sejak tahun 1987 sekaligus peneliti dalam bidang Akuntansi. Beliau kemudian meraih gelar doktor dari Universitas Indonesia. Pengalaman kerja sebelumnya adalah manajer di Bank Bumiputera dan konsultan di KAP AAJ serta menjadi Ketua Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Chaerul sangat aktif dalam mengembangkan pendidikan akuntansi di Indonesia melalui berbagai aktivitas di Ikatan Akuntan Indonesia, Kompartemen Akuntan Publik sebagai Akuntan Pendidik sejak tahun 2006, wakil dari kalangan akademis yang duduk di Badan Peradilan Profesi Akuntan Publik (BPPAP) dan Dewan Pengawas di Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI, yang dulunya dikenal sebagai Kompartemen Akuntan Publik, Ikatan Akuntan Indonesia) sejak 1999, dan anggota dari Indonesian Standard Board for Sustainability Reporting di NCSR. Aktivitas konsultasi dan minat risetnya berkaitan dengan topik standar akuntansi dan pelaporan keuangan, keuangan dan perbankan, serta tata kelola dan tanggung jawab sosial perusahaan (CG and CSR). Chaerul berupaya meluangkan waktu untuk melakukan kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat melalui berbagai institusi sosial, menjalankan usaha untuk menciptakan lapangan kerja, danberbagai kegiatan di tingkat universitas. Untuk mengisi waktu senggang, Chaerul menyukai fotografi, menonton film dan drama, serta mengunjungi tempat-tempat bersejarah di seluruh Indonesia, baik dengan teman maupun keluarga.
Catur Sasongko
Catur Sasongko, S.E., M.B.A., CA., AMA.
Menamatkan pendidikan S-1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1999. Setelah bekerja selama 1 tahun sebagai Auditor Internal di salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, beliau memutuskan untuk bergabung menjadi konsultan dan staf pengajar di FE UI. Pada tahun 2006, beliau melanjutkan pendidikan S-2 di Universiti Malaya dan berhasil meraih gelar Master Business of Administration (M.B.A.) pada tahun 2008. Setelah lulus dari Program M.B.A., beliau bergabung ke Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE UI sebagai konsultan dan kepala Divisi Pelatihan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh PPA-FE UI dan kembali menjadi staf pengajar Departemen Akuntansi FE UI. Mata ajar yang diampunya adalah Anggaran, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Manajemen Investasi, Manajemen Keuangan Lanjutan, Sistem Informasi Akuntansi, dan Sistem Informasi Manajemen. Beliau juga aktif memberikan pelatihan keuangan dan akuntansi untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).
Dewa Putu Oka Prasiasa
Dr. Dewa Putu Oka Prasiasa, A.Par., M.M.
Dr. Dewa Putu Oka Prasiasa, A.Par., M.M., Lahir di Denpasar, Bali, dan menempuh pendidikan dasar di kota Singaraja pada tahun 1976‒1988. Penulis mengikuti program Diploma IV Pariwisata Universitas Udayana dan Program Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana, Universitas Sahid, Jakarta. Program Doktor Kajian Budaya (Konsentrasi Pariwisata) atas beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan TInggi Departemen Pendidikan Nasional ditempuh dalam Program Pascasarjana Universitas Udayana, Bali, selama tiga tahun. Pada tahun 2008, mengikuti Program Sandwich di Faculty of Hospitality and Tourism Prince of Songkla University Phuket Thailand untuk memperdalam community based tourism development. Penulis saat ini tercatat sebagai Dosen PNS Kopertis Wilayah III Jakarta.
William F. Messier, Jr.
-
William F. Messier, Jr, merupakan ketua Kenneth and Tracy Knaus dalam bidang akuntansi pada Departemen Akuntansi, Universitas Nevada, Las Vegas. Dia juga Profesor II pada Price WaterhouseCoopers pada Departemen Akuntansi, Auditing dan Hukum pada Norwegian School of Economics dan Business Administration. Dia memperoleh gelar B.B.A dari Siena Colloge, M.S dari Clarkson University dan M.B.A dan D.B.A dari Indiana University. Dia adalah CPA di Florida dan menjabat pada posisi fakultas di University of Florida (Price Waterhouse Professor) dan Georgia State University (Delloitte & Touche Professor). Dia merupakan anggaota dari SDA Bocconi di Milan dan University of Michigan. Dia juga merupakan Anggota Akademisi dari Dewan Standar Auditing AICPA dan merupakan editor dari Auditing: A Journal of Practice and Theory dan merupakan Presiden pembentuk The Auditing Section of The American Accounting Association. Profesor Messier merupakan penerima Penghargaan the AAA Auditing Section’s Outstanding Educator (2009). Pada tahun 2011 Profesor Messier menerima penghargaan doktor dari Norwegian School of Economics and Business Administration. Dia juga sering kali menjadi saksi ahli dalam kasus-kasus litigasi audit.

Dedeh Sri Rahayu
Dedeh Sri Rahayu, S.Pd., S.Kep., Ners., MAN.
Dedeh Sri Rahayu, S.Pd., S.Kep., Ners., MAN. Dilahirkan di Purwakarta, 21 Mei 1970. Menyelesaikan sarjana pendidikan di STKIP Siliwangi Cimahi pada tahun 2001, sarjana keperawatan diselesaikan pada tahun 2007 dan profesi Ners tahun 2009 di Stikes Ahmad Yani Cimahi. Kemudian penulis menempuh pascasarjana keperawatan maternitas dan anak di Manila Phillippines, lulus April 2014. Penulis bekerja sebagai staf pengajar tetap di Stikes Budi Luhur Cimahi sejak tahun 1995 sampai dengan sekarang.
Priyoto
Ns. Priyoto, S.Kep.
Ns. Priyoto, S.Kep., Lahir di Grobogan, 25 Oktober 1982. Setelah menyelesaikan pendidikan menengah di SMUN 1 Gubug pada tahun 2001, penulis melanjutkan pendidikan S-1 Keperawatan di Universitas Muhammadiyah Semarang dan lulus pada tahun 2006. Oleh karena prestasinya, penulis dipercaya menjadi asisten mengajar di Stikes Muhammadiyah Lamongan sampai Maret 2012. Kemudian, penulis melanjutkan kariernya di akademi keperawatan yang sekarang berubah menjadi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Ponorogo sampai sekarang dan sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan program pascasarjana di Universitas Diponegoro pada program studi Keperawatan. Beberapa amanah yang pernah diemban penulis antara lain: menjadi Kepala Departemen Keperawatan Gerontik, Departemen Komunitas.
Zvie Bodie
-
Zvie Bodie (Boston University) Zvi Bodie adalah Guru Besar Manajemen Norman dan Adele Barron di Boston University. Ia mendapatkan gelar Ph.D. dari Massachusetts Institute of Technology dan telah mengabdi di fakultas keuangan di Harvard Business School dan MIT Sloan School of Management. Profesor Bodie telah banyak menerbitkan dana pensiun dan strategi investasi di jurnal profesional ternama. Dalam kerja samanya dengan Yayasan Penelitian di Institut CFA, ia saat ini telah membuat serangkaian jejaring dan risalah yang berjudul The Future of Life Cycle Saving and Investing.

Ricky W. Griffin
-
Riky W. Griffin memiliki gelar Blocker Chair in Business dan merupakan Profesor Terhormat Manajemen di Mays Business School, Texas A&M University. Ia menjabat sebagai kepala Departement Manajemen; sebelumnya ia menjabat sebagai Dekan Asosiasi Eksekutif dan Dekan Interim. Setelah mendapatkan gelar Ph.D. dari University of Houston pada tahun 1978, ia bergabung dengan fakultas di University of Missouri–Columbia sebelum berpindah ke Texas A&M University pada tahun 1981.

Profesor Griffin mengajar manajemen internasional, perilaku organisasi, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen umum. Ia telah mengajar baik mahasiswa S1 maupun S2, berpartisipasi dalam banyak program pelatihan eksekutif, serta telah memberikan kuliah di London, Paris, Warsawa, Jenewa, Berlin, Johannesburg, Tokyo, Hongkong, dan Sydney. Sebagai seorang anggota dari Academy of Management, ia menjabat sebagai pemimpin divisi dari Perilaku Organisasi kelompok tersebut.

Profesor Griffin telah menulis beberapa buku teks yang sukses, di antaranya adalah Management, Organizational Behavior (bersama Greg Moorhead), dan Business Essentials (bersama Ron Ebert). Saat ini ia sedang melakukan riset mengenai kekerasan di tempat kerja di Kanada, perbedaan dan kesamaan desain pekerjaan antarperusahaan di Jepang , Eropa, dan Amerika Serikat, serta praktik kesetaraan pekerjaan di Afrika Selatan.


Robert Kreitner
Robert Kreitner, Ph.D.
Robert Kreitner, Ph.D. adalah seorang profesor emeritus di jurusan Manajemen di Arizona State University dan anggota dari ASU’s W.P. Carey School of Business Faculty Hall of Fame. Sebelum bergabung dengan ASU pada 1975, Bob mengajar di Western Illinois University. Beliau juga mengajar perilaku organisasi di Thunderbird. Bob telah memberikan ceramah dengan topik manajemen ke berbagai kalangan di seluruh dunia. Ia juga telah menulis banyak artikel untuk jurnal, seperti Organizational Dynamics, Business Horizons, Educational and Psychological Measurement, Journal of Organizational Behavior Management, dan Journal of Business Ethics. Bob juga menulis (bersama Fred Luthans) sebuah buku yang meraih penghargaan Organizational Behavior Modification and Beyond: An Operant and Social Learning Approach; Penulis buku Management edisi kesebelas, yang merupakan buku pengantar manajemen terlaris; dan penulis (bersama Carlene Cassidy) buku Supervision: Setting People Up for Success, edisi pertama. Buku-bukunya telah terkumpul sampai 29 edisi.

Imam Mukhlis
Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si.
Dr. Imam Mukhlis, S.E., M.Si., Lahir di Kediri pada tanggal 9 Maret 1972, adalah dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang sejak tahun 2003. Penulis menyelesaikan S-1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di Universitas Jember Jawa Timur pada tahun 1997. Kemudian, pada tahun 2002 berhasil menyelesaikan studi S-2 di Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dalam bidang studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Pada tahun 2009, penulis berhasil menyelesaikan program Doktor pada Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Malang, dalam bidang Ilmu Ekonomi. Selain sebagai staf pengajar, penulis juga aktif dalam berbagai kegiatan seminar, baik dalam maupun luar negeri. Pengalaman kegiatan internasionalnya adalah Comparative Studi: Industrialization and Development di Batam, Singapura, dan Cina; Training for Trainer (TOT) on Economic Education yang diselenggarakan oleh CEE di USA; dan Conference of World Trade Studies yang diadakan oleh WTO dan Universitas Gadjah Mada, kemudian presentasi pada seminar internasional berjudul A Cointegration Analysis of The Relationship between FDI Inflow and GDP in Indonesia Foreign Trade University, di Ho Chi Minh City Campus, Vietnam, pada tahun 2013. Penulis juga pernah menjabat sebagai ketua Gugus Penjaminan Mutu Jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pada tahun 2010–2012. Selain itu, beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Jurusan Ekonomi Pembangunan, Penyunting Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang, serta pengelola Tax Center Universitas Negeri Malang (kerja sama dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur III, Malang). Berbagai karya akademik telah penulis hasilkan, di antaranya adalah buku yang berjudul Integrasi Ekonomi dalam Perspektif Teoritis, Integrasi Ekonomi ASEAN, Ekonomi Pembangunan, dan Dimensi Ekonomi Perpajakan dalam Pembangunan Ekonomi. Selain buku karya akademik, karya ilmiah lainnya dalam bentuk artikel ilmiah meliputi “Dampak Integrasi Ekonomi ASEAN terhadap Permintaan Impor Industri Manufaktur Indonesia�?; “Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri (ISSN)�?; “Impact of Volatility Currency Exchange Rate to Indonesian Electronic Imports from Asean Intra and Asean Extra�?; “Economic Journal of Emerging Market�?, Volume 2, Issue 1, April 2010 (terakreditasi)�?; “Center for Economic Study, Faculty of Economic, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta�?; “Kinerja Keuangan Bank dan Stabilitas Makroekonomi terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia�?; “Jurnal Keuangan dan Perbankan�?, Volume 16, Nomor 2, Mei 2012 (terakreditasi), Universitas Merdeka, Malang; “Analysis of Tax Compliance and Impacts on Regional Budgetting and Public Welfare�?; �?European Scientific Journal�?, Edition Vol.10, No.7, Februari 2014�?; “The Cointegration Analysis of the Relationships between Foreign Direct Investment Inflow and Gross Domestic Product in Indonesia�?; dan “Journal of Economics and Sustainable Development�?, Vol.5, No. 6, 2014. Penghargaan yang pernah penulis terima antara lain Dosen Teladan Tingkat I, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, pada tahun 2010; Best Paper ke-3 pada acara Seminar Nasional dan Call for Paper yang diselenggarakan oleh Universitas Stikubank Semarang yang berkerja sama dengan ISEI Provinsi Jawa Tengah, Bank BNI 46, dan Bank Indonesia pada tahun 2012; dan juara harapan I pada lomba karya tulis Bank Indonesia Campus Knowledge Competition (LKTBI CKC) antar-perguruan tinggi di Indonesia yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada tahun 2014. Saat ini, penulis mengajar mata kuliah Ekonomi Moneter, Ekonomi Keuangan dan Perbankan, serta Teori Ekonomi pada Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.
Ni Nyoman Alit Triani
-
Ni Nyoman Alit Triani, lahir 20 Mei 1980 di Tabanan, Bali. Penulis memulai pendidikan jenjang S-1 tahun 2005 dan S-2 tahun 2009 di Universitas Airlangga. Pada tahun 2009 menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya.

Dwi Martani
-
Dwi Martani adalah dosen senior di Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI). Penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di FE UI dan S-3 di Program Pascasarjana Ilmu Manajemen FE UI. Selain mengajar, juga menjadi Komite Audit PT Pertamina (Persero), anggota Komite Standar Akuntansi Pemerintahan (KSAP), anggota Dewan Pimpinan Nasional IAI (DPN IAI) dan anggota Dewan Penguji CPA Indonesia. Bergabung dalam Tim Implementasi IFRS-IAI membuatnya sering muncul sebagai narasumber dan trainer di acara sosialisasi IFRS. Pengalamannya sebagai Sekretaris dan Ketua Departemen Akuntansi FEUI, Ketua Forum Kajur Akuntansi, dan Sekjen IAI KAPd menjadikannya dikenal dan disegani di kalangan akuntan pendidik sehingga sering diundang sebagai dosen tamu di berbagai universitas. Posisinya sebagai salah satu anggota Komite Standar Pemerintahan, bidang risetnya di bidang perpajakan dan sering mengajar analisis laporan keuangan semakin melengkapi perspektif akuntansi keuangan yang dimiliki. Sebagai dosen senior, kepeduliannya terhadap pembelajaran akuntansi yang relevan dengan dunia praktik membuatnya terus belajar menguasai setiap perkembangan baru baik praktik dan riset.
Donna Nayduch
-
Donna Nayduch, RN, MSN, ACPN, CAISS telah menjadi perawat trauma sejak awal dari mahasiswa perawat sampai posisi direktur regional. Penulis telah menyusun dan mempublikasikan tulisan terkait perawatan trauma di sejumlah artikel jurnal dan penelitian
Belajar Jadi Lebih Mudah