Penulis Kami
Sarwoto
Sarwoto, S.E., M.Sc., Ph.D.

Sarwoto, S.E., M.Sc., Ph.D. adalah seorang dosen di Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo), dan telah menjabat sebagai Sekretaris Local Wisdom Research Group (Grup Riset Kearifan Lokal) di UNS sejak 2015. Beliau mendapatkan gelar Ph.D. Bidang Ilmu Manajemen Perencanaan dan Pembangunan di Universiti Sains Malaysia pada 2022. Minat penelitian utamanya di bidang Manajemen Operasi, Ketahanan Bisnis, serta Usaha Kecil dan Menengah dengan fokus penelitian kualitatif. Dr. Sarwoto adalah seorang peneliti aktif yang menulis banyak artikel dan sudah diterbitkan di berbagai jurnal. Beliau mengajar di program sarjana dan pascasarjana.

Miftachul Ma'arif
Miftachul Ma’arif, S.E.I., M.M.

Miftachul Ma’arif, S.E.I., M.M. adalah dosen Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo). Beliau menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen (M.M.) di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (lulus tahun 2016). Mengajar beberapa mata kuliah di Prodi Manajemen, termasuk Riset Operasi, Sistem Informasi Manajemen, Praktikum Teknologi Informasi, dan Komunikasi Bisnis. Bapak Ma'arif bergabung dengan Forum Manajemen Indonesia pada 2015. Beliau aktif melakukan penelitian di bawah naungan Operation and Strategic Research Group (Grup Riset Operasi dan Strategis), UNS. Penelitiannya berfokus pada strategi operasional perusahaan keluarga serta penelitian pengawasan dalam manajemen operasi dan kewirausahaan. Pendekatan penelitian utama Bapak Ma'arif adalah kuantitatif dan kualitatif dengan berbagai temuan penelitian yang sudah dipresentasikan dalam konferensi nasional, serta dipublikasikan di jurnal nasional ber-ISSN.

Atmaji
Dr. Atmaji, M.M.

Dr. Atmaji, M.M. adalah Associate Professor dan dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo). Dr. Atmaji menyelesaikan Program Doktor Bidang Ekonomi di UNS tahun 2018 dengan fokus keilmuan Manajemen Keuangan. Selain kesibukannya sebagai Kaprodi Manajemen, Dr. Atmaji juga aktif dalam penerbitan penelitian di jurnal nasional dan internasional, serta melakukan penelitian dan terlibat dalam program pengabdian masyarakat.

Suryandari Istiqomah
Suryandari Istiqomah, S.E., M.Si.

Suryandari Istiqomah, S.E., M.Si. adalah dosen dan peneliti Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo). Beliau menyelesaikan pendidikan S-2 (M.Sc.) di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (lulus tahun 2013). Di Prodi Manajemen FEB-UNS, pengajaran yang diberikannya terkait dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dan Kewirausahaan. Mata kuliah yang diampu adalah Manajemen Sumber Daya Manusia II, Praktik Manajemen Sumber Daya Manusia, Kewirausahaan, Manajemen Koperasi dan UKM, Studi Kelayakan Bisnis. Selain itu, Ibu Suryandari menjabat sebagai Koordinator Merdeka Belajar dari Program Kewirausahaan Kampus Merdeka.

Wahyu Trinarningsih
Wahyu Trinarningsih, S.E., M.M., M.A.

Wahyu Trinarningsih, S.E., M.M., M.A. adalah dosen Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo). Beliau menyelesaikan program pascasarjana ganda, yaitu di FEB-UNS (M.M.) dan Université de La Rochelle, Prancis (M.A.). Pendidikan doktoral (Ph.D.) Bidang Keuangan ditempuhnya di School of Business and Economics Universiti Putra Malaysia (SBE-UPM). Minat risetnya adalah di bidang Keuangan, Perbankan, dan Keuangan Islam, dengan banyak artikel yang sudah diterbitkan di berbagai jurnal. Bidang keahlian beliau adalah perencanaan keuangan dan memiliki sertifikasi Certified Financial Planner (CFP). Ibu Wahyu Trinarningsih menjadi anggota Financial Planning Standards Board (FPSB) Indonesia. Di bidang pasar modal, Beliau tersertifikasi sebagai Registered Securities Analyst (RSA) dan menjadi anggota Indonesian Securities Analyst Association (AAEI Indonesia).

Arum Setyowati
Arum Setyowati, S.E., M.M.

Arum Setyowati, S.E., M.M. adalah dosen Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Sebelas Maret (FEB-UNS), Surakarta (Solo). Beliau bergabung dengan Financial Markets and Institutions Research Group (Grup Riset Institusi dan Pasar Keuangan) UNS. Menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen di FEB-UNS dan Universite de La Rochelle, Prancis. Pendidikan doktoral untuk meraih gelar Ph.D. Bidang Keuangan ditempuhnya di School of Business and Economics, Universiti Putra Malaysia. Ibu Arum memiliki kompetensi dan bersertifikasi sebagai profesional manajemen risiko. Minat risetnya adalah Keuangan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dan Manajemen Risiko.

Sedarmayanti
Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU.

Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., APU. lahir di Jakarta, November 1952. Beliau adalah Sarjana Muda Akademi Industri Pariwisata Bandung (Perhotelan) 1975 dan Pendidikan Sekretaris; Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Bandung, 1982; Magister Pendidikan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Bandung, 1994; Doktor Ilmu Sosial (Bidang Kajian Administrasi Negara) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, 1999; serta Guru Besar Universitas Dr. Soetomo Surabaya (SK Mendiknas No 1522/A2.27/KP/2004). Prof. Sedarmayanti juga merupakan Ahli Penelitian Utama (APU) Bidang Administrasi (SK Presiden No. 110/ M.2005).

Wahyu Rahardjo
Dr. Wahyu Rahardjo, M.Si.

Dr. Wahyu Rahardjo, M.Si. lahir di Jakarta, 15 Agustus 1979. Beliau adalah dosen Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma (FPsi-UG) dan dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Cyberpsychology. Bapak Wahyu menamatkan S-1 pada tahun 2003 dan S-2 pada tahun 2006 di FPsi-UG. Pendidikan S-3 Bidang Psikologi Sosial Beliau tempuh di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta (lulus tahun 2013).

[Tim Penulis] STARKI, Adm. Perkantoran Digital
-

[Tim Penulis] STARKI (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita), Buku Administrasi Perkantoran Digital. Dies Natalis STARKI ke-55.

Adrianus Eliasta Meliala
Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc., Ph.D.

Prof. Drs. Adrianus Eliasta Meliala, M.Si., M.Sc., Ph.D. lahir di Sungai Liat, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung, pada 28 September 1966. Beliau adalah kriminolog dan Guru Besar Departemen Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) sejak 2006. Beliau memperoleh gelar S-1 Kriminologi dari Departemen/Jurusan Kriminologi FISIP-UI; gelar S-2 Psikologi Sosial dari Bagian Psikologi Sosial Fakultas Psikologi (FPsi) UI; gelar S-2 Legal & Criminological Psychology dari Manchester Metropolitan University, Manchester, Inggris Raya; gelar S-3 Criminology dari University of Queensland, Brisbane, Australia.

Agustin Dea Prameswari
Agustin Dea Prameswari, S.Sos., M.Si.

Agustin Dea Prameswari, S.Sos., M.Si. lahir di Semarang, 17-Juni-1992. Menyelesaikan studi sarjananya di Departemen Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) pada 2014. Kemudian, Beliau melanjutkan studi magisternya di Kajian Gender Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI pada 2017. Memiliki ketertarikan pada isu perempuan dan kejahatan, serta hubungannya dengan kriminologi kesejahteraan dan seksualitas perempuan. Pada tahun 2010, seusai menyelesaikan pendidikan sarjananya, Ibu Agustin melanjutkan passion di Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan sebagai peneliti lepas (periode 2014–2017). Bersama Komnas Perempuan, Beliau memperoleh banyak pengalaman penelitian di beberapa daerah di Indonesia. Sembari bekerja sebagai peneliti lepas, pada 2016–2017, Ibu Agustin menjadi asisten dosen di Departemen Kriminologi FISIP-UI.

Natalia Widiasih Raharjanti
Dr. dr. Natalia Widiasih, Sp.K.J. (K), M.Pd.Ked.

Dr. dr. Natalia Widiasih, Sp.K.J. (K), M.Pd.Ked. adalah seorang konsultan psikiatri forensik yang dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Divisi Psikiatri Forensik di Departemen/KSM Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) – Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSUPN—RSCM), sekaligus menjadi Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa FK-UI. Beliau menamatkan seluruh jenjang pendidikannya di FK-UI, termasuk meraih gelar Doktor pada 2022 dengan topik disertasi mengenai “Analisis Psikomedikolegal dalam Praktik Psikiatri Forensik”. Tidak hanya aktif di lingkungan FK-UI – RSCM, dr. Natalia juga rutin menjadi narasumber untuk melatih keterampilan para psikiater dan penegak hukum di tingkat nasional.

Adhitya Sigit Ramadianto
dr. Adhitya Sigit Ramadianto, Sp.K.J.

dr. Adhitya Sigit Ramadianto, Sp.K.J. merupakan staf Divisi Psikiatri Forensik di Departemen/KSM Ilmu Kesehatan Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI) – Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSUPN—RSCM). Beliau lulus sebagai dokter dari FK-UI dan kemudian menyelesaikan pendidikan Spesialis Kedokteran Jiwa FK-UI pada 2020. Bapak Adhitya kerap menjadi narasumber simposium dan workshop tingkat nasional untuk berbagai topik di bidang psikiatri dan psikiatri forensik. Minat keilmuan dr. Adhitya melingkupi pemenuhan hak orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)/orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) yang berhadapan dengan hukum dan penalaran klinis dalam psikiatri, dengan publikasi yang telah terbit di beberapa jurnal ilmiah internasional.

Nathanael Elnadus Johanes Sumampouw
Nathanael Elnadus Johanes Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog

Nathanael Elnadus Johanes Sumampouw, M.Psi., M.Sc., Ph.D., Psikolog merupakan dosen tetap di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPsi-UI). Beliau menempuh pendidikan S-2 Psychology & Law di Belanda dan menempuh pendidikan doktoral di Maastricht University, bidang Psikologi Forensik. Selain mengajar dan menjabat juga sebagai Koordinator Mata Kuliah Psikologi Forensik di Program Studi (Prodi S-1), Bapak Nathanael meneliti dan melakukan publikasi ilmiah di jurnal internasional, misalnya Psychology, Crime and Law, serta Journal of Police and Criminal Psychology. Ia juga berpraktik sebagai Psikolog Forensik dengan sertifikat kompetensi BNSP: Melakukan pemeriksaan psikologi forensik terhadap saksi, korban, tersangka/terdakwa, dan juga memberikan keterangan sebagai ahli dalam persidangan. Di tengah kesibukannya, Beliau juga aktif sebagai salah satu Pengurus Pusat Asosiasi Psikologi Forensik (APSIFOR) di bidang Pengembangan Profesi, serta menjadi anggota tim tenaga ahli Pusat Forensik Terintegrasi Universitas Indonesia.

Iman Fachruliansyah
Iman Fachruliansyah, S.Sos., M.Si.

Iman Fachruliansyah, S.Sos., M.Si. merupakan lulusan Program Sarjana Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) pada tahun 2010. Pada tahun 2015, Beliau menamatkan studi magisternya dari Program Pascasarjana Biologi, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA-UI). Ia menekuni kajian antropologi biologi dan antropologi molekuler, serta menaruh perhatian pada studi sejarah keanekaragaman dan migrasi manusia di Nusantara melalui analisis DNA Mitokondria (mtDNA), demografi, dan etnografi. Bapak Iman menjadi staf pengajar di Program Sarjana Departemen Antropologi FISIP-UI sejak tahun 2016.

Agung Nugroho Soedibyo
Agung Nugroho Soedibyo, S.E., M.Ak.

Agung Nugroho Soedibyo, S.E., M.Ak. merupakan dosen senior yang masih aktif mengajar di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI). Beliau menjadi Senior Partner di KPMG Indonesia selama 20 tahun, sampai dengan Juni 2017 kemudian menjadi Senior Partner di RSM Indonesia (Agustus 2017 s.d. 31 Maret 2020). Sejak tahun 1981 aktif Bapak Agung aktif di IAI (Ikatan Akuntan Indonesia), di berbagai bidang terutama di standar profesi. Beliau juga menjadi Anggota DSAP (Dewan Sertifikasi Akuntan Profesional) IAI.

Frans Asisi Datang
Dr. Frans Asisi Datang, S.S., M.Hum.

Dr. Frans Asisi Datang, S.S., M.Hum. lahir di Wangkung (Manggarai, NTT), 6-September-1962. Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di Manggarai dan merantau ke Jakarta sejak 1983 untuk melanjutkan pendidikan tinggi S-1 di Fakultas Sastra (Sekarang FIB) Universitas Indonesia (UI) dan STF Driyarkara Jakarta yang diselesaikannya tahun 1989 dan 1990. Setelah menjadi dosen PNS di FIB-UI tahun 1992, Beliau menyelesaikan pendidikan Pascasarjana Linguistik di UI (1993–1998). Usai 12 tahun mengabdikan ilmunya di Program Studi (Prodi) Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI, Bapak Frans berkesempatan melanjutkan studi doktoral di fakultas tempat Beliau mengajar (FIB-UI), tahun 2010–2017.

Ade Firmansyah Sugiharto
Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto, Sp.F.

Dr. dr. Ade Firmansyah Sugiharto, Sp.F. dilahirkan di Surabaya pada 27-Agustus-1981. Pada tahun 2005, Beliau menyelesaikan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK-UI). Pendidikannya kemudian dilanjutkan di pendidikan dokter spesialis forensik dan medikolegal di FK-UI, lulus pada tahun 2009. Pada September 2009 s.d. Juni 2010, Dr. Ade mengikuti pendidikan “Fellowship on Bioethics, Social Justice, and Health” di University of Washington.

Junaedi Saibih
Junaedi Saibih, S.H., M.Si., LL.M.

Junaedi Saibih, S.H., M.Si., LL.M. merupakan dosen tetap Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH-UI) pada Bidang Studi Hukum Acara. Beliau dilahirkan di Jakarta, 12-Juni-1979 dan menyelesaikan pendidikan S-1 di FH-UI pada September 2001. Semenjak tingkat akhir, Bapak Junaedi mendirikan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MaPPI) pada 27-Oktober-2000. Pada 2005, Beliau menyelesaikan studi Kajian Wilayah Eropa pada Program Pascasarjana UI, dengan gelar Magister Sains. Pada tahun 2007–2008, ia melanjutkan studi Master of Laws (LLM Program) pada University of Canberra dengan dukungan beasiswa dari Australian Development Scholarship Awards. Selain itu, Bapak Junaedi pada 2009 mendapatkan beasiswa untuk mengikuti Summer University Program di Central European University (CEU), Budapest,Hungaria. Program tersebut (Summer University Program) tentang Etika dan Hak Asasi Manusia yang diikutinya dengan sponsorship dari Public Interest Law Institute (PILI) pada Columbia University. Pada tahun 2017, mendapatkan kesempatan sebagai Research Fellows pada Asian Law Institute di National University of Singapore (NUS). Tahun berikutnya (tahun 2018), berkesempatan sebagai Teaching Fellows di Mykolo Romerio University, Lithuania atas dukungan Erasmus+ Teaching Mobility Programs. Bapak Junaedi juga telah mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) Lemhannas RI pada tahun 2022.

Anna Christin Silaban
Anna Christin Silaban, S.E., Ak., M.M.

Anna Christin Silaban, S.E., Ak., M.M. adalah dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana (FEB-UMB) Jakarta sejak 2009. Mata kuliah yang diampu adalah Auditing, Internal Audit, Kecurangan Pelaporan Keuangan, Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Manajemen, Manajemen Strategik, dan Analisa Laporan Keuangan. Beliau lulus Sarjana Ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung tahun 1988 dan lulus Magister Manajemen dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2005.

Belajar Jadi Lebih Mudah