Penulis Kami
Firdaus Ahmad Dunia
-

Bapak Firdaus Ahmad Dunia adalah staf pengajar Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1980. Beliau telah berpengalaman sebagai akuntan publik dan konsultan manajemen sejak 1980 sampai dengan 1999. Pada 1992, Bapak Firdaus melakukan independent study (research program) di University of Kentucky, Amerika Serikat (AS) dengan objek studi sistem ABC (activity based costing).

M. Nafarin
-

Kelahiran Rantau, Kalimantan Selatan pada 5 Maret 1957. Pada tahun 1986, penulis memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (Drs.) Program Studi (Prodi) Manajemen Keuangan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIEI), Banjarmasin. Pendidikan Magister Manajemen (M.M.) diselesaikan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Panca Setia, Banjarmasin, tahun 2003.

Nur Aini
Nur Aini, S.Kep., Ns., M.Kep.
Lahir di Lamongan, 29 April 1983. Penulis menyelesaikan pendidikannya di Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Brawijaya (UB) Malang pada tahun 2006 dan profesi Ners di Universitas Brawijaya (UB) Malang tahun 2007. Kemudian pada tahun 2010, penulis menyelesaikan pendidikan Magister Keperawatan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Penulis memulai kariernya sejak tahun 2007, dengan bekerja sebagai dosen di Stikes Insan Unggul Surabaya. Lalu sejak tahun 2012, penulis aktif sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Kesehatan Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. Secara khusus, penulis berminat dalam bidang keperawatan dasar dan keperawatan medikal bedah.
Agus Purwaji
Agus Purwaji, S.E., M.M., Ak., M.Ak., CA.

Mendiang Agus Purwaji, S.E., M.M., M.Ak., Ak., CA. lahir di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Beliau merupakan staf pengajar tetap Jurusan Akuntansi di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Pernah dipercaya untuk memegang amanah beberapa jabatan, antara lain sebagai Wakil Direktur Bidang Standardisasi di Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA); Wakil Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten (DEPEKAB) di Purwakarta; Wakil Ketua Bidang Pengembangan Profesi Teknisi Akuntansi Indonesia Masyarakat Profesi Teknisi Akuntansi Indonesia (MATA Indonesia); Direktur Politeknik Perdana Mandiri Purwakarta. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Pembantu Direktur Bidang Akademik di Politeknik Perdana Mandiri Purwakarta; Pembantu Direktur Bidang Akademik di Akademi Akuntansi Perdana Mandiri Purwakarta; dan Bendahara di Yayasan Swakarsa Karya Mandiri.

Murtanto
Dr. Murtanto, M.Si., Ak., CA.

Lahir di Solo, Jawa Tengah, Dr. Murtanto merupakan dosen di Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Trisakti (FEB-Usakti). Beliau juga pernah menjabat atau berprofesi sebagai Wakil Dekan II FEB-Usakti; Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP TA); serta Asesor Kompetensi, Asesor Lisensi, dan Master Asesor Badan Nasional Sertifikasi Profesi Republik Indonesia (BNSP RI).

Hexana Sri Lastanti
-

Dr. Hexana Sri Lastanti, S.E., Ak., M.Si., CFA., CA., CSRS., CSRA. lahir di Boyolali, Jawa Tengah. Beliau adalah staf pengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti (FEB-Usakti), Jakarta. Ia juga dipercaya untuk menjabat sebagai Asesor Kompetensi dan Master Asesor Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP); Wakil Direktur bidang Administrasi dan Keuangan, Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA); Sekretaris Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Usakti.

Rhipiduri Rivanica
Rhipiduri Rivanica, S.Si.T., M.Kes.

Rhipiduri Rivanica, S.Si.T., M.Kes. lahir di Palembang tanggal 16-Desember-1985. Pendidikan yang ditempuh antara lain: D-3 Kebidanan di Akademi Kebidanan Aisyiyah (lulus tahun 2007), melanjutkan D-4 Kebidanan Pendidik di Ngudi Waluyo Ungaran Semarang (lulus tahun 2009), dan S-2 Kesehatan Reproduksi di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang (lulus tahun 2012).

Aris Nur Ramdhani
Ns. Aris Nur Ramdhani, S.Kep.

Lulus dari pendidikan Diploma III (D-3) Akademi Keperawatan (Akper) Pemda Sumedang sebagai lulusan terbaik dengan predikat cumlaude pada tahun 2010. Pada tahun 2013, penulis melanjutkan studi Sarjana Program Ekstensi di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI) dan lulus sebagai Ners pada tahun 2016 dengan predikat cumlaude. Penulis memiliki pengalaman perawat klinis (clinical nurse) di beberapa rumah sakit dan aktif dalam kegiatan volunteer. Selain itu, penulis aktif dalam kegiatan ilmiah dan menerbitkan buku dengan topik tentang keperawatan/kesehatan ataupun sastra.

Miming Oxyandi
Miming Oxyandi, S.Kep., Ners., M.Kes., M.Kep.

Miming Oxyandi, S.Kep., Ners., M.Kes., M.Kep. lahir di Riang Bandung, Sumatra Selatan, pada 13-Oktober-1985. Riwayat pendidikannya antara lain: S-1 Keperawatan tahun 2008, Profesi Ners tahun 2009, dan S-2 Kesehatan Masyarakat tahun 2014 di Sekolah Tinggi Limu Kesehatan (STIK) Bina Husada Palembang. Beliau juga menyelesaikan studi S-2 Keperawatan di Universitas Andalas (Unand), Padang.

Ai Nur Bayinah
Dr. Ai Nur Bayinah, S.E.I., M.M., IFP.

Dr. Ai Nur Bayinah, S.E.I., M.M., IFP. memiliki pengalaman sebagai pengajar dan praktisi akuntansi syariah yang tersertifikasi sejak tahun 2007. Beliau juga diamanahi sebagai Direktur Eksekutif dari sebuah unit penelitian bernama SEBI Islamic Business & Economics Research Center (SIBER-C). Spesialis dalam bidang keuangan Islam, akuntansi, pajak, zakat, wakaf, dan investasi syariah, serta berpengalaman dalam membantu pelaksanaan jasa audit, akuntansi, dan manajemen keuangan lainnya dari sebuah kantor akuntan publik (KAP) di Jakarta.

Yoes Prijatna Dachlan
Prof. Dr. Yoes Prijatna Dachlan, dr., M.Sc., Sp.Park

Dosen Program Pendidikan Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga. Beliau lahir di Denpasar, Bali. Beliau lulus di Pendidikan Dokter di FK Universitas Airlangga pada tahun 1972, lulus Pendidikan Magister di University of Amsterdam The Netherlands pada tahun 1980, dan lulus Pendidikan Program Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga pada tahun 1990. Beliau memperoleh gelar Guru Besar pada tahun 1998.

Diah Savitri Ernawati
Prof. Dr. Diah Savitri Ernawati, drg., Msi., Sp.PM

Kepala bagian Departemen Ilmu Penyakit Mulut di FKG Universitas Airlangga Surabaya. Beliau lahir di Pontianak pada 29 April 1960. Lulus dari Pendidikan Dokter Gigi di FKG Universitas Airlangga tahun 1984, lulus dari Pendidikan Magister di FK Universitas Airlangga pada tahun 2000, lulus dari Pendidikan Program Doktoral Ilmu Kedokteran di FK Universitas Airlangga pada 2005, dan lulus Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis bagian Ilmu Penyakit Mulut tahun 2009. Beliau memperoleh gelar Guru Besar pada tahun 2011. Sejak 2014 hingga saat ini beliau adalah ketua Ikatan Penyakit Mulut Indonesia Pusat.

Kurniawan Taufiq Kadafi
dr. Kurniawan Taufiq Kadafi, Sp.A., M.Biomed.

Lahir di Cilacap, 12 Februari 1983. Pendidikan dasar diselesaikan di SD Majapura 1 dan SMP Negeri 1 Bobotsari, Purbalingga. Menamatkan pendidikan SMA, di SMA Negeri 2 Kediri dan Ponpes Al-Ishlah, Kediri. Pendidikan dokter umum diselesaikan pada tahun 2006 di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FK-UB). Pada tahun 2012 menamatkan pendidikan Magister Ilmu Biomedik minat Imunologi Kedokteran FK-UB dan pada tahun yang sama juga menyelesaikan pendidikan dokter spesialis anak di fakultas atau universitas yang sama.

Christina Whidya Utami
Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia).

Prof. Dr. Christina Whidya Utami, M.M., CLC., CPM (Asia). lahir di Surabaya pada tanggal 3-Desember-1968. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen Fak. Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (FEB-Unair), lulus tahun 1991; Magister Manajemen Program Pascasarjana Unair, lulus tahun 1994; Program Doktor Ilmu Ekonomi pada Program Pascasarjana Unair, lulus tahun 2006—dengan disertasi di bidang manajemen pemasaran ritel.

Najmah
Najmah, S.K.M., M.P.H., Ph.D.

Najmah, S.K.M., M.P.H., Ph.D. adalah penulis dan dosen yang lahir dan besar di bantaran Sungai Musi, Palembang, pada 24-Juli-1983. Beliau memperoleh gelar S-1 dari Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (FK-Unsri) (2001–2005). Gelar pascasarjananya adalah S-2 Master of Public Health dari University of Melbourne (S-2), Victoria (2008–2009); S-3 Ph.D. School of Public Health di Auckland University of Technology, Selandia Baru (2015–2019). Dr. Najmah bekerja sebagai dosen di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsri sejak 2006.

Ikhda Ulya
-

Staf pengajar di Departemen Emergency Nursing Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Penulis menyelesaikan Pendidikan S-1 Keperawatan dari Universitas Brawijaya Malang pada tahun 2009 dan menyelesaikan pendidikan S-2 Keperawatan di Universitas Brawijaya Malang dengan Peminatan Gawat Darurat pada tahun 2013.

Bintari Ratih Kusumaningrum
-

Staf pengajar di Departemen Emergency Nursing Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Univeritas Brawijaya Malang. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Keperawatan dari Universitas Brawijaya Malang tahun 2009 dan pendidikan magister keperawatan peminatan gawat darurat di Program Studi Magister Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang tahun 2013. Sebelum menjadi dosen aktif, penulis mengambil program magang di Unit Gawat Darurat RSUD Dr. Saiful Anwar Malang tahun 2013.

Respati Suryanto Drajat
-

Lahir di Yogyakarta, 15 April 1954. Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, menyelesaikan pendidikan S-1 di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta pada tahun 1980, menyelesaikan pendidikan dokter spesialis ortopedi dan traumatologi pada universitas yang sama pada tahun 1989. Pendidikan S-3 Kedokteran ditempuh Universitas Airlangga selesai pada tahun 2012.

Farah Margaretha Leon
Prof. Farah Margaretha Leon, S.E., M.E., Ph.D.

Prof. Farah Margaretha Leon, S.E., M.E., Ph.D. adalah dosen yang mengampu mata kuliah Manajemen Keuangan, Metodologi Penelitian, dan Statistik sejak tahun 1986. Beliau memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada Jurusan Manajemen dari Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Trisakti (FEB-Usakti). Beliau memperoleh gelar Magister dalam Bidang Ekonomi (Konsentrasi Manajemen Keuangan) pada Program Pascasarjana (Magister Manajemen) Fak. Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) pada 1990. Gelar Doktor Bidang Manajemen Keuangan diperoleh dari Faculty of Business and Accountancy University of Malaya Kuala Lumpur pada 2006.

Ali Mahmudi
-

Ali Mahmudi lahir di Pati, Jawa Tengah, dan dikenal sebagai Managing Director PT Mitrasoft Raya Ultima (accounting software consultant) yang bergerak di bidang jasa konsultasi, pelatihan dan distribusi aplikasi akuntansi, keuangan, dan bisnis di Indonesia.

Belajar Jadi Lebih Mudah