Penulis Kami
Prathama Rahardja
Dr. Prathama Rahardja
Dilahirkan di Pati, Jawa Tengah. Menyelesaikan kuliah di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) pada tahun 1980. Pada tahun 1983 melanjutkan studi di School of Economics, University of the Philippines, Diliman, Quezon City, Filipina. Selain itu, dalam periode 2006–2007, atas undangan National Council on Economic Education (NCEE)-U.S. Department of Education, memperoleh kesempatan menimba ilmu tentang Pengantar Mikroekonomi di Bloemfontein (Afrika Selatan), Teori Mikroekonomi di Mexico City, Teori Makroekonomi di Durban (Afrika Selatan), dan Ekonomi Internasional di Benoni (Afrika Selatan). Saat ini masih mengajar di almamaternya (FEB UI) dan Sekolah Tinggi Hukum Militer TNI AD. Selain itu, sejak 2006 sebagai pembina Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Ekonomi dan International Economics Olympiad. Selain buku-buku untuk mahasiswa, beliau juga banyak menulis buku-buku Ekonomi SMA/MA.
Mandala Manurung
Mandala Manurung, S.E., M.E.

Dilahirkan di Medan, Sumatra Utara. Program S-1 diselesaikan di Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia (FEB UI) tahun 1989. Studinya dilanjutkan di Program Pascasarjana Universitas Indonesia, bidang Ilmu Ekonomi Perencanaan, dengan tesis tentang Perekonomian Indonesia (Analisis New Keynesian Economics). Saat ini sedang menyelesaikan disertasi Program Doktor di Universitas Indonesia. Kini, beliau aktif mengajar di almamaternya, FEB UI.

Gita Kurnia
Gita Kurnia, S.T., M.Sc.

Dosen tetap sekaligus menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Teknik Logistik di Universitas Pertamina. Sebelum menjadi dosen, ia pernah berkecimpung selama dua tahun di industri pelayaran sebagai Technical Auditor. Penulis meraih gelar Sarjana Teknik Perkapalan dari Universitas Indonesia dan Master of Science bidang Operation and Management of Maritime Systems dari Hochschule Wismar—University of Applied Sciences, Jerman.

Ayu Dahliyanti
Ayu Dahliyanti, M.Eng.

Dosen program studi Teknik Kimia dan Koordinator Mata Kuliah Berpikir Solusi Kreatif di Universitas Pertamina. Sebelumnya, ia bergabung selama tiga tahun di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau. Penulis memperoleh gelar Sarjana Teknik dari Universitas Indonesia dan Master of Engineering dari Tokyo Institute of Technology, Jepang. Bidang riset yang ditekuni antara lain terkait material maju dan pengolahan limbah menjadi sumber energi atau produk bernilai ekonomi tinggi.

Betanti Ridhosari
Betanti Ridhosari, S.T., M.T.

Dosen Teknik Lingkungan Universitas Pertamina serta Manajer Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat di bawah divisi Wakil Rektor III Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja Sama. Lulusan Program Pascasarjana Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung ini memulai kariernya pada tahun 2013 pada salah satu lembaga pemerintahan sebagai Project Management Officer. Pada Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina, ia tergabung dalam bidang keahlian Manajemen Lingkungan.

Ari Rahman
Dr. Eng. Ari Rahman, M. Eng.

Meraih gelar Doktor (Doctor of Engineering) dari Department of Environmental Solution Technology, Faculty of Science and Technology, Ryukoku University Japan dengan beasiswa Monbukagakusho dari Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology (MEXT), Japan. Ia pernah mengikuti berbagai training tentang critical thinking, creative problem solving, design thinking, logical thinking, dan lain-lain.

Iktri Madrinovella
Iktri Madrinovella, S.T., M.Si.

Lulusan S-1 Teknik Geofisika Institut Teknologi Bandung dan S-2 Sains Kebumian Institut Teknologi Bandung. Ia berpengalaman kerja selama tiga tahun di PT Elnusa Tbk. sebagai Junior Seismologist sebelum menjadi Dosen Teknik Geofisika Universitas Pertamina pada tahun 2016. Bidang penelitian yang ditekuni oleh penulis adalah Seismologi Gempa Bumi. Saat ini, ia menjabat sebagai Manajer Pengembangan Pembelajaran di bawah Wakil Rektor I – Bidang Akademik dan Kemahasiswaan.

Raden Roro Mirna Astari Magetsari
Raden Roro Mirna Astari Magetsari, M.A.B.

Dosen dan praktisi di bidang Manajemen. Minat dan bidangnya meliputi Sumber Daya Manusia, Manajemen Manusia, Kewirausahaan, Kreativitas dan Inovasi, Inisiasi Bisnis, serta Pengembangan Bisnis. Ia merupakan lulusan Master of Business Administration dari Institut Teknologi Bandung. Penulis menjabat sebagai Manajer Operasional Sumber Daya Manusia di Universitas Pertamina dan saat ini berstatus sebagai dosen tetap program studi Manajemen Universitas Pertamina.

Rezqi Ananda Basid
Rezqi Ananda Basid, S.E., M.B.A., CFP.

Dosen pada Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pertamina dengan pendalaman ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Saat ini, ia juga menjabat sebagai Manajer Satuan Pengawas Internal. Penulis menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi Jurusan Manajemen di Universitas Mulawarman pada tahun 2012 serta pendidikan S2 Magister Manajemen di Universitas Gadjah Mada pada tahun 2015. Selain mengajar, penulis juga aktif menjadi pembicara seminar/pelatihan perencanaan keuangan dan investasi.

Ahmad Rodoni
Prof. Dr. Ahmad Rodoni

Lahir di Jakarta pada tanggal 3 Februari 1969. Beliau adalah Guru Besar pada Bidang Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan menjadi anggota Dewan Penasihat Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI). Beliau menempuh pendidikan S-1 di Universitas Trisakti Jakarta, lulus tahun 1993; program Magister Manajemen pada bidang keuangan di UGM, lulus tahun 1995; dan menyelesaikan Program Doctor Business Administration (DBA) di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada bidang keuangan tahun 2001 dengan spesialisasi financial market, corporate finance, dan Islamic Investment.

Muhammad Anwar Fathoni
Muhammad Anwar Fathoni, Lc., M.A.

Lahir di sebuah desa kecil di pinggiran Jawa Timur, tepatnya di Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, pada tanggal 4 Agustus 1992. Penulis menempuh pendidikan dasar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Turi, lulus tahun 2004; MTsN Denanyar Jombang, lulus tahun 2007; dan MAN Denanyar Jombang, lulus tahun 2010, sekaligus nyantri di Pondok Pesantren yang didirikan oleh al-marhum al-maghfurlah KH. Bisri Syansuri, yaitu Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Setelah itu, penulis melanjutkan pendidikan S1 di Universitas Al-Azhar Mesir, lulus tahun 2014; program Magister Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2017; dan saat ini tengah menempuh program Doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tia Yuliawati
Tia Yuliawati, S.Pd., M.M.

Lahir di Sumedang, 13 Juni 1990. Saat ini, penulis tercatat sebagai dosen  Program Studi Manajemen Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI), serta mengampu mata kuliah Manajemen Keuangan.

Fitranty Adirestuty
Fitranty Adirestuty, S.Pd., M.Si.

Lahir di Majalengka, 3 Maret 1990. Penulis merupakan dosen Program Studi Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia (FPEB-UPI). Penulis menyelesaikan program sarjana Pendidikan Ekonomi FPEB-UPI pada tahun 2012, kemudian melanjutkan studi pascasarjana Kajian Timur Tengah Islam di Universitas Indonesia (UI) dan lulus pada tahun 2014.

[Tim Penulis] LM FEB-UI
-
Tidak ada deskripsi.
Rachmadi Agus Triono
Rachmadi Agus Triono
Tidak ada deskripsi.
Tria Eni Rafika Devi
Tria Eni Rafika Devi, S.S.T., M.Kes.

Lahir di Banyuwangi, 20 November 1986. Pada tahun 2007, penulis menyelesaikan pendidikan Prodi D-3 Kebidanannya di Poltekes Kemenkes Malang. Pada tahun 2008, penulis menyelesaikan pendidikan D-4 Bidan Pendidik di Stikes Insan Unggul Surabaya. Pada tahun 2013, penulis telah lulus S-2 PDPK Prodi Kedokteran Keluarga di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Yoga Perdana
-

Dosen Progam Studi Bisnis Digital di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Lahir di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 15 Oktober 1993. Penulis menamatkan S-1 pada program studi Manajemen UPI pada tahun 2016 dengan masa studi 3,5 tahun dan predikat cumlaude. Pendidikan S-2 ditempuh di program studi Sains Manajemen (M.S.M.) di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada tahun 2018.

Meredita Susanty
Meredita Susanty
Dosen tetap program studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina sejak tahun 2016. Meredita pernah menempuh pendidikan D-3 Teknik Komputer di Politeknik Negeri Bandung dan meraih gelar Sarjana Komputer dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan gelar Master dari University of Nottingham. Di program studi Ilmu Komputer, Meredita mengajar Pengantar Teknologi Informasi dan Algoritma, Dasar Pemrograman, dan Rekayasa Perangkat Lunak. Sebelum menjadi dosen, Meredita pernah bekerja sebagai konsultan IT pada tahun 2006 dan 2008–2009, serta menjadi IT Business Analyst selama 2009–2014.
Dabella Yunia
Dabella Yunia, S.E., M.S.A., Ak., CPA.

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FEB-Untirta) Banten. Penulis yang lahir di Jombang, 12 Juni 1988 ini menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (FE-UM) pada 2010 kemudian menyelesaikan Magister Sains Akuntansi dari Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) pada 2014. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) penulis tempuh di PPAk-UB dan selesai pada 2013. Selain mengajar, penulis juga aktif sebagai Editor in Chief pada Jurnal Riset Akuntansi Terpadu (JRAT).

Kurniasih Dwi Astuti
Kurniasih Dwi Astuti, S.E., Ak., M.Akt., CA.

Lahir di Yogyakarta, 14 Januari 1976. Penulis merupakan dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (FEB-Untirta) Banten sejak 2010. Penulis memperoleh gelar Sarjana bidang Akuntansi dari Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Padjadjaran (FEB-Unpad) Bandung dan Magister Akuntansi dari FEB Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta.

Belajar Jadi Lebih Mudah