Penulis Kami
Cheol S. Eun
Cheol S. Eun, Ph.D.
Cheol S. Eun (Ph.D., NYU, 1981) merupakan Pimpinan Thomas R. Williams dan Profesor Keuangan dan College of Management, Georgia Institute of Technology. Sebelum bergabung dengan Georgia Tech, ia mengajar di University of Minnesota dan University of Maryland. Ia juga mengajar di Wharton School of the University of Pennsylvania, Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST), Singapore Management University, dan Esslingen University of Technology (Jerman) sebagai profesor tamu. Ia banyak memublikasikan masalah-masalah keuangan internasional di berbagai jurnal besar seperti Journal of Finance, JFQA, Journal of Banking and Finance, Journal of International Money and Finance, Management Science, dan Oxford Economic Papers. Selain itu, ia bertindak sebagai dewan editor di Journal of Banking and Finance, Journal of Financial Research, Journal of International Business Studies, dan European Financial Management. Penelitiannya banyak dikutip dan dirujuk di berbagai artikel akademis dan buku teks di Amerika Serikat maupun di luar negeri.
Siti Resmi
Dra. Siti Resmi, M.M., Ak.
Dra. Siti Resmi, M.M., Ak. Adalah dosen tetap pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN Yogyakarta. Buku lain yang ditulis adalah Perpajakan: Teori dan Kasus (Buku 1), Praktikum Perpajakan, dan Akuntansi Pengantar 2: Ringkasan Materi, Soal dan Penyelesaiannya (ditulis bersama Prof. Abdul Halim dan Prof Slamet Sugiri). Buku Perpajakan: Teori dan Kasus ini pernah memperoleh Hibah Insentif Buku Ajar dari Ditjen Dikti.
Wahit Iqbal Mubarak
-
Wahit Iqbal Mubarak, dilahirkan di Lamongan pada tanggal 12 Agustus 1971, telah menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Pelang II Lamongan tahun 1986, pendidikan menengah di MTs Puter Lamongan tahun 1989, Madrasah Aliyah Negeri Lamongan tahun 1992, pendidikan tinggi di Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya tahun 1996, kemudian melanjutkan S-1 Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya hingga mendapat gelar Sarjana tahun 2000. Pada tahun 2001 penulis telah menyelesaikan Program Akta Mengajar IV di Universitas Muhammadiyah Surabaya. Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Unair Surabaya tahun 2014. Sejak tamat D-3 Keperawatan tahun 1996 penulis menjadi Dosen Tetap di Akademi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surabaya hingga tahun 2004. Mulai tahun 2004–sekarang penulis menjadi Dosen Tetap di Akademi Keperawatan Pemda Gresik. Selain sebagai pengajar, penulis juga turut mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kegiatan ilmiah, seminar di bidang kesehatan dan keperawatan. Judul karya buku yang telah disusun dan diterbitkan antara lain sebagai berikut.
1. Dasar-Dasar Epidemiologi. 2000.
2. Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia: Teori dan Aplikasi dalam Praktik. EGC. Jakarta. 2007
3. Promosi Kesehatan. Suatu Pengantar dalam Pendidikan. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2007.
4. Ilmu Keperawatan Komunitas 1: Pengantar dan Teori. Salemba Medika. Jakarta. 2009.
5. Ilmu Keperawatan Komunitas 2: Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta. 2009.
6. Ilmu Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Salemba Medika. Jakarta. 2009.
7. Komunikasi dalam Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta. 2009.
8. Sosiologi untuk Keperawatan. Salemba Medika. Jakarta. 2009.
9. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar dalam Kebidanan (ISBD): Pengantar dan Teori. EGC. Jakarta. 2011.
10. Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Salemba Medika. Jakarta. 2011.
Selain itu penulis juga aktif aktif dalam organisasi di Persatuan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Kabupaten Gresik Bagian Ketua Divisi IV Litbang dan Pengembangan Profesi, Pendiri dan Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Kesehatan Kebidanan Mandiri Gresik. Dosen tidak tetap di Akademi Kebidanan Mandiri Gresik (2006–sekarang). Komisi Ahli Kesehatan pada Amdal Kabupaten Gresik (2013–sekarang).
Nursalam
Prof. Dr. Nursalam
Prof. Dr. Nursalam. Staf pengajar di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Penulis menempuh pendidikan D-3 Ilmu Keperawatan di Akademi Keperawatan Sutomo Surabaya lulus tahun 1988. Pada tahun1991, penulis mendapatkan Graduate Certificate Medical Surgical Nursing di Lambton College Sarnia, Ontario, Kanada. Kemudian penulis menyelesaikan S-2 Keperawatan (Coursework tahun 1996) di University of Wollongong, New South Wales, Australia, dan mendapatkan gelar Honours Master of Nursing di universitas yang sama pada tahun 1998. Pada tahun 2005, penulis menyelesaikan pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran di Program Pascasarjana Universitas Airlangga. Selain sebagai pengajar, penulis juga aktif di berbagai seminar keperawatan. Penulis telah menulis beberapa buku keperawatan dan menulis artikel di berbagai jurnal, baik jurnal nasional maupun internasional.
Irham Fahmi
-
Lahir di Lubuk Sukon, Aceh Besar. Gelar Sarjana Ekonomi (SE) diperolehnya di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Selanjutnya, penulis melanjutkan studi di Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran dan mendapat gelar Magister Sains (M.Si) pada tahun 2004 dengan konsentrasi pada bidang manajemen keuangan. Saat ini penulis sedang menyiapkan diri untuk mengambil program Doktor di bidang keuangan. Penulis juga menjadi salah satu dosen tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Penulis memiliki pengalaman mengajar di berbagai Universitas, yaitu Universitas Padjadjaran, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Widyatama, Universitas Kristen Maranatha, Akademi Sekretaris Taruna Bakti, Universitas Muhammadiyah Aceh, Universitas Serambi Mekah, dan AMIKI di Banda Aceh. Berbagai seminar juga telah diikuti oleh penulis, baik tingkat nasional maupun internasional. Tahun 2006 dan 2007 penulis turut memberikan pelatihan mengenai Manajemen Investasi di UNIKOM, selanjutnya pada tahun 2008 memberi pelatihan tentang Risk Management di Indonesia Power. Bulan Juni sampai dengan Oktober 2009, penulis terlibat dalam Tim Koordinasi Tambahan Dana Bagi Hasil MIGAS dan OTSUS di Provinsi Aceh dengan jabatan sebagai Tenaga Ahli Khusus Jangka Pendek untuk Evaluasi RPJM dan Penulisan Draft Rencana Induk. Kemudian, pada bulan Agustus−Oktober 2009 penulis ditugaskan sebagai salah satu anggota Tim pada Program Kegiatan Restrukturisasi Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PD.PA) menjadi Perusahaan Daerah (PD.PA), proyek yang dikerjakan berdasarkan Letter of Agreement Between The United Nations Development Program (UNDP) and The Provincial Secretariat of Aceh on The Implementation of Recontructuring of Aceh Public Enterprises (Badan Usaha Milik Aceh—BUMA). Tahun 2010 penulis terlibat dalam Tim Survey Alternatif Development, survey atas dasar kerja sama antara Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Universitas Syiah Kuala serta beberapa universitas lainnya di Aceh, dengan jabatan Wakil Kordinator. Pada tahun yang sama, penulis bersama tim berhasil dalam penelitian dosen muda yang dibiayai oleh Universitas Syiah Kuala dan Kementrian Pendidikan Nasional sesuai dengan dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Penelitian Dosen Muda Tahun Anggaran 2010. Selain berbagai berbagai kesibukan yang dimiliki, saat ini penulis juga dipercaya sebagai manajer keuangan pada CV Mandiri Mulya Persada (K16 Komputer) dan CV Duta Informatika di Bandung.
Fred Luthans
-
Fred Luthans adalah George Holmes Distinguished Professor of Management dari Universitas Nebraska–Licoln. Ia juga merupakan ilmuwan peneliti senior di Gallup Inc. Ia memperoleh gelar B.A., M.B.A., dan Ph.D. dari Universitas Iowa, di mana ia menerima Distinguished Alumni Award pada 2002. Saat bertugas sebagai perwira di Angkatan Darat Amerika Serikat pada 1965–1967, ia mengajar mata kuliah kepemimpinan di Akademi Militer Amerika Serikat di West Point. Ia telah menjadi visiting scholar di beberapa perguruan tinggi dan memberikan kuliah di hampir semua negara Eropa dan Pasifik Rim.

Ia telah mengajar manajemen internasional sebagai visiting faculty member di Universitas Bangkok, Hawai, Henley di Inggris, Norwegian Management School, Monash di Australia, Macau, Chemnitz di daerah bekas Jerman Timur, dan Tirana di Albania. Sebagai mantan presiden Academy of Management, pada 1997 ia menerima Academy’s Distinguished Educator Award. Pada 2000 ia menjadi anggota pertama dari Academy’s Hall of Fame atas prestasinya sebagai salah satu dari “Top Five (Lima Besar)�? pengarang yang karyanya dipublikasikan di jurnal-jurnal Academy. Saat ini ia adalah pemimpin redaksi pada Journal of World Business, editor pada Organizational Dynamics, co-editor pada Journal of Leadership and Organization Studies, dan penulis dari banyak buku.

Bukunya yang berjudul Organizational Behavior (Irwin/McGraw-Hill) saat ini telah mencapai edisi keduabelas. Ia adalah salah satu dari sedikit cendekiawan yang merupakan Fellow of the Academy of Management, the Decision Sciences Institute, dan Pan Pacific Business Association, serta ia telah menjadi anggota Executive Committee dari Pan Pacific Conference sejak dimulai 25 tahun yang lalu. Komite ini membantu penyelenggaraan pertemuan tahunan yang diadakan di negara Pacific Rim. Ia telah terlibat dengan beberapa studi empiris pertama mengenai motivasi dan teknik manajemen perilaku serta analisis aktivitas manajerial di Rusia; artikel-artikel ini telah dipublikasikan di Academy of Management Journal, Journal of International Business Studies, Journal of World Business Studies, dan European Management Journal. Sejak awal masa transisi menuju ekonomi pasar setelah runtuhnya komunisme di Eropa Timur, ia telah terlibat secara aktif dalam program pendidikan manajemen yang disponsori oleh U.S. Agency for International Development di Albania dan Macedonia, dan juga pada program yang disponsori oleh U.S. Information Agency di negara Asia Tengah seperti Kazakhstan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan. Sebagai contoh, penelitian internasional Profesor Luthan terbaru adalah mengenai konstruk psychological capital (PsyCap) positif. Ia dan para koleganya telah memublikasikan penelitian yang menunjukkan dampak PsyCap pekerja Cina terhadap kinerja di International Journal of Human Resource Management dan Management and Organization Review. Ia mengaplikasikan pendekatan positifnya dalam perilaku organisasi dan kepemimpinan otentik pada manajemen global.
William J. Stevenson
-
William J. Stevenson adalah lektor kepala dalam bidang Ilmu Keputusan di Sekolah Tinggi Bisnis Rochester Institute of Technology. Ia mengajar mata kuliah manajemen produksi dan operasi, sains manajemen, serta konsep mutu dan aplikasi mutu program sarjana dan pascasarjana. Ia adalah penulis buku teks sains manajemen, statistik, serta manajemen produksi dan operasi. Artikelnya telah muncul dalam management science dan Decision Sciences. Ia juga menjadi konsultan untuk program New York State Regents External Degree. Minat risetnya saat ini adalah aplikasi mutu. Dr. Stevenson menerima gelar sarjana di bidang teknik industri serta MBA dan PhD di bidang manajemen produksi dan operasi dari Syracuse University.
James A. O�Brien
-
James A. O�Brien merupakan seorang asisten profesor dalam Computer Information System (Sistem Informasi Komputer) di College of Business Administration di Northern Arizona University. Dia menyelesaikan studi sarjananya di University of Hawaii dan Gonzaga University dan mendapatkan gelar MS dan Ph.D. dalam Business Administration (Administrasi Bisnis) dari University of Oregon. Dia telah menjadi profesor dan koordinator CIS di Northern Arizona University, profesor dalam bidang Finance and Management Information Systems (Sistem Informasi Manajemen dan Finansial) dan kepala Department of Management di Eastern Washington University, dan seorang profesor tamu di University of Alberta, University of Hawaii, dan Central Washington University.

Pengalaman bisnis Dr. O’Brien termasuk bekerja di Marketing Management Program dari IBM Corporation, selain juga menjadi seorang analis finansial untuk perusahaan General Electric. Dia merupakan lulusan dari Financial Management Program dari General Electric. Dia juga bekerja sebagai seorang konsultan sistem informasi bagi beberapa bank dan perusahaan jasa komputer.

Minat riset Jim berada pada pengembangan dan pengujian kerangka konseptual dasar yang digunakan dalam pengembangan dan sistem informasi manajemen. Dia telah menulis delapan buku, termasuk beberapa yang telah diterbitkan dalam berbagai edisi, selain juga dalam bahasa Cina, Belanda, Prancis, Jepang, atau Spanyol. Dia juga telah berkontribusi dalam bidang sistem informasi melalui publikasi begitu banyak artikel dalam jurnal bisnis dan akademis, selain juga partisipasinya dalam asosiasi akademis dan industri dalam bidang sistem informasi.


Dominick Salvatore
-
Profesor Terkemuka di Bidang Ekonomi Fordham University.
Krishna G. Palepu
-
Krishna G. Palepu, adalah profesor pada administrasi bisnis dan Senior Associate Dean bidang pengembangan internasional pada sekolah bisnis Harvard. Selama 20 tahun, riset Profesor Palepu berfokus pada strategi korporasi, tata kelola, dan pengungkapan. Profesor Palepu adalah pemenang Accounting Literatur Award pada tahun 1999 dan Wildman Award tahun 1997 yang diberikan oleh American Accounting Association.
Hariyati
Dra. Hariyati, Ak., M.Si.
Dra. Hariyati, Ak., M.Si., menyelesaikan gelar sarjana ekonomi akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya dan memperoleh gelar M.Si. (Magister Sains) dari Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga, Surabaya dengan bidang konsentrasi Manajemen Keuangan pada tahun 2001 dan saat ini sedang menempuh studi Program Doktor Ilmu Akuntansi pada Program Pascasarjana Universitas Airlangga. Beliau sebagai dosen pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya mulai tahun 1997, sebelumnya beliau berpengalaman di beberapa perusahaan swasta dan kantor akuntan publik di Surabaya serta sebagai anggota ISEI dan IAI. Selain itu, beliau juga telah menulis beberapa buku seperti praktikum akuntansi jasa, praktikum akuntansi dagang, dan pengantar auditing.
Thomas S. Bateman
-
Thomas S. Bateman adalah profesor dari Bank of America dan koordinator manajemen area di McIntire School of Commerce di University of Virginia. Dia mengajar kepemimpinan dan direktur kepemimpinan baru yang dibuka untuk semua mahasiswa S-1 dari berbagai jurusan. Sebelum bergabung dengan University of Virginia, dia pernah mengajar perilaku organisasi untuk mahasiswa S-1, mahasiswa M.B.A., mahasiswa doktoral, dan para manajer di Kenan-Flager Business School di University of North Carolina. Dia juga pernah mengajar di Eropa selama dua tahun sebagai profesor tamu di Institute for Management Development (IMD), yang merupakan salah satu panduan dunia dalam bidang desain dan pelaksanaan pendidikan eksekutif. Profesor Bateman menyelesaikan pendidikan doktoral administrasi bisnis di Indiana University pada 1980. Sebelumnya, Dr. Bateman mendapatkan gelar sarjananya (B.A.) dari Miami University. Selain mengajar di University of Virginia, UNC-Chapel Hill, dan IMD, Dr. Bateman juga pernah mengajar di Texas A&M, Tulane, dan berbagai universitas di Indiana.

Profesor Bateman aktif sebagai peneliti manajemen, penulis, dan konsultan. Dia berperan sebagai dewan editor pada Academy of Management Review, the Academy of Management Journal, dan the Asia Pacific Journal of Business and Management. Artikel-artikel ilmiahnya pernah dimuat di berbagai jurnal profesional seperti the Academy of Management Journal, Academy of Management Review, Journal of Applied Psychology, Organizational Behavior and Human Decision Processes, Journal of Management, Business Horizons, Journal of Organizational Behavior, dan Decision Sciences.

Dr. Bateman saat ini aktif dalam kegiatan konsultasi dan penelitian di bidang pengetahuan praktis untuk eksekutif bisnis, kepemimpinan untuk memecahkan berbagai permasalahan di semua level organisasi, berbagai perilaku proaktif karyawan di semua level organisasi, dan sukses dalam pencapaian tujuan pekerjaan jangka panjang. Dia juga aktif bekerja dengan berbagai organisasi seperti Singapore Airlines, the Brookings Institution, the U.S. Chamber of Commerce, the Nature Conservancy, dan LexisNexis.


Sofyan Yamin
-
Lahir di Purwakarta pada tahun 1977. Kini, bekerja di Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama di Jakarta. Sejak mahasiswa hingga kini aktif memberikan konsultasi, pengolahan data statistic dan pelatihan (training) statistic melalui Bumi Statistika Consulting. Selain buku SPSS Complete ini, menulis juga buku Structural Equation Modeling (analisis data dengan Lisrel-PLS)–bersama dengan Heri Kurniawan; Regresi & Kolerasi dalam Genggaman Anda (analisis data dengan SPSS, Eviews, Minitab, dan Statgraphics)–bersama dengan Lien Auliya Rachmach dan Heri Kurniawan; serta Generasi Baru mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling (analisis dengan PLSPM)–bersama dengan Heri Kurniawan.

Ganijanti Aby Sarojo
-
merupakan salah satu dosen senior di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengajar mata kuliah Fisika Dasar di Fakultas Teknik UI (FTUI) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) dan sampai saat ini, masih mengajar di FMIPA untuk mata kuliah Fisika Dasar I (Mekanika dan Panas) dan Fisika Dasar II (Listrik Magnet dan Gelombang–Optik).

Padatahun 1962, beliau menyesaikan Sarjana Fisikanya di Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung. Kemudian pada 2001, beliau menyelesaikan pendidikan S-2 di FMIPA Universitas Indonesia dengan gelar Magisters Sains Ilmu Material.

Beliau termasuk dosen yang aktif mengikuti seminar-seminar Ilmu Material di Islamabab, Pakistan pada 1986; Seminar Fisika Pendidikan di Melbourne, Australia pada 1994. Adapun seminar di dalam negeri yang pernah diikutinya, antara lain Simposium Fisika Nasional di UGM, Yogyakarta pada 1992, Simposium Fisika Nasional XVIII di Puspitek Serpong 2000, dan Simposium Fisika Nasional XIX di Bali pada tahun 2002.

Saat ini penuulis sudah memasuki masa purnabakti, karena keterbatasan yang ada, penulis tidak sempat lagi mengikuti berbagai simposium fisika dan kegiatan lainnya kecuali yang diselenggarakan di Jakarta.
Totok Budisantoso
-
Dosen Tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Menyelesaikan Program Sarjana di Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UGM dan Master di Assumption University. Saat ini sedang menyelesaikan Program Doktoral di Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Selain sebagai staf pengajar, penulis aktif sebagai peneliti, konsultan serta trainer dalam bidang akuntansi dan sector public.
Agung Kuswantoro
-
Lahir di Pemalang pada tanggal 7 November 1982. Latar belakang pendidikan S! (lulus 2006) dan S2 (lulus 2012) di Universitas Negeri Semarang. Penulis aktif di berbagai kegiatan: (1) penelitian dalam bidang administrasi perkantoran berbasis teknologi informasi, (2) pengabdian pada aparat desa dan guru dalam rangka peningkatan tertib administrasi melalui pelatihan berbasis komputer, (3) seminar pendidikan dan pengembangan administrasi perkantoran, (4) pelatihan untuk tenaga administrasi di perguruan tinggi maupun di lingkungan perkantoran, dan (5) workshop metode penelitian, penulisan artikel ilmiah, e-learning bagi dosen, jurnal terakreditasi untuk peningkatan mutu dan tata kelola.

Penulis juga pernah sebagai pembicara pada pelatihan pelayanan prima bagi tenaga administrasi Fakultas Hukum Unnes tahun 2010, pelatihan korespondensi bagi DPM BEM FE UNNES tahun 2013, pelatihan manajemen kearsipan di kelurahan Limbangan, dan lainnya. Tulisan yang pernah dipublikasikan antara lain: Jamaah oh Jamaah (Suara Merdeka), Dahsyat Berdakwah (Suara Merdeka), Pemimpin Baru, Harapan Baru (Radar Tegal), Perlu Keteladanan dalam Mendidik (Radar Tagal), Refleksi Idul Adha (Radal Tegal), Ketauhidan Mahasiswa (Oikonomia), Belajar dari Penjual Koran dan Pengamen, Menepuktangani Anak Yatim (Suara Merdeka), Tanggapan Usia Masuk SD (Suara Merdeka), Balada Suami (Suara NU), dan lainnya. Selain itu, buku yang sudah ditulis dan diterbitkan diantaranya Manajemen Kearsipan (2013), Keyboarding 10 Jari Buta (2012), dan Mahasiswa Mengaji (2013).
Sukrisno Agoes
Prof. Dr. Sukrisno Agoes, S.E., Ak., M.M., CPA,. CA.
Prof. Dr. Sukrisno Agoes, S.E., Ak., M.M., CPA,. CA., lahir di Jakarta, tanggal 13 Desember 1947 lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jurusan Akuntansi, pada tanggal 13 April 1974. Gelar MM (Magister Manajemen) dari Program Magister Manajemen Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia, dengan bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen di tahun 1990. Pada Agustus 1999 s.d. Mei 2003 penulis menyelesaikan Program Doktor di Program Pascasarjana Universitas Padjajaran, Bandung.
Saat ini ia menjabat sebagai Partner di KAP Drs. Sukrisno Agoes, MM & Rekan, Anggota Majelis Kehormatan Kode Etik BPK-RI. Staf pengajar Program Maksi UI, PPA–FE UI, Program MM–Universitas Pancasila, Program PPA–Maksi, dan Guru Besar Tidak Tetap FE Unpad, Guru Besar dan Dosen FE–Untar.
Penulis pernah menjabat sebagai Ketua Program D3 Akuntansi FE Untar, Ketua Jurusan Akuntansi FE Untar dan Ketua Jurusan Akuntansi FE Universitas Pelita Harapan, Dekan FE Ukrida (1996–2003), Dekan FE Untar (2004–2012), dan Ketua Komite Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia periode 1994–1998, Wakil Ketua Dewan SPAP periode 1999–2001, Anggota BP2AP IAPI dan Ketua Dewan Kehormatan Profesi IAPI (2008–2012). Pengalaman audit diperolehnya dari beberapa Kantor Akuntan Publik, seperti KAP Darmawan, Utomo Mulia, Santoso Harso Kusumo (Arthur Young) dan Hadibroto, termasuk mengikuti pelatihan (training) audit di Jakarta, Singapura, Malaysia, Hong Kong, dan Australia.
Selain itu beliau juga aktif sebagai pembicara pada seminar-seminar mengenai Internal Auditing, Standar Auditing, Management Audit, Kode Etik dan Manajemen Audit Koperasi. Beliau juga sebagai anggota IAI, IAPI, ISEI, CIA, dan ACFE.
Rizal Yaya
Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA.
Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., lulus S-1 dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (FE UGM) tahun 1997, lulus S-2 di Program Master of Science in Accounting, International Islamic University Malaysia (IIUM) tahun 2003, dan memperoleh gelar Doktor di bidang Akuntansi dari University of Aberdeen, United Kingdom, pada tahun 2013. Saat ini, beliau mengampu mata kuliah Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Akuntansi Manajemen Sektor Publik. Pernah menjadi dosen tamu di program studi S1 Manajemen Universitas Airlangga, program studi Akuntansi Universitas Islam Indonesia, dan program studi Akuntansi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Beliau aktif menulis artikel di harian Republika dan berbagai jurnal ilmiah serta menjadi narasumber dalam beberapa seminar dan pelatihan tentang Akuntansi Perbankan Syariah. Beliau juga pernah tampil sebagai pembicara di 5 konferensi Internasional, 3 kali di Malaysia, dan 2 kali di Indonesia. Tulisannya tentang “The Emerging Issues on the Objectives and Characteristics of Islamic Accounting�? telah dimuat di International Journal, Malaysian Accounting Review, edisi Juni 2005.

Belajar Jadi Lebih Mudah