Penulis Kami
Bondan Tiara Sofyan
-
Tidak ada deskripsi.
Soemarso Slamet Rahardjo
-

Soemarso Slamet Rahardjo (Soemarso S.R.) saat ini adalah staf pengajar di Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Indonesia (FEB-UI). Beliau menjabat sebagai anggota Dewan Komisaris dan Komite Audit pada beberapa perusahaan di Indonesia.

Ratu Kusuma
Dr. Ns. Ratu Kusuma, S.Kep., M.Biomed

Lahir di Muara-Mahat, 16 Maret 1975 Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Putri dari Bapak Zainal Kusuma dan Ibu Darna, menikah dengan Dendi Zulfikar. Pendidikan yang telah ditempuh adalah SD Negeri 002 Muara-Mahat, SMP Negeri Muara-Mahat, SMA Negeri 1 Bangkinang, D-3 Keperawatan (AKPER Tuanku Tambusai Bangkinang), Sarjana Keperawatan Universitas Andalas Padang, Program Profesi Ners Universitas Andalas Padang, Magister Biomedik Peminatan Reproduksi Kedokteran Universitas Andalas Padang, dan Doktor Ilmu Keperawatan pada Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK-UI).

Muhammad Ilham Razak
-

Muhammad Ilham Razak adalah asisten peneliti di President Centre for International Studies (PRECIS), Universitas Presiden. Razak menyelesaikan studi Strata 1 International Relations dengan konsentrasi Strategic and Security Studies di President University dengan predikat Magna Cumlaude. Semasa kuliah, Razak aktif dalam berpartisipasi di kegiatan kampus secara akademik dan kepemimpinan. Ia adalah Chairman dari President Model United Nations (PUMUN) Club yang berhasil menyumbangkan lebih dari 30 prestasi nasional dan internasional ke President University selama periodenya. Ia juga dinobatkan sebagai Mahasiswa Berprestasi di President University 2018 dan berhasil meraih Runner-Up sebagai Mahasiswa Berprestasi Tingkat Jawa Barat dan Banten yang diadakan oleh Kemenristekdikti (LLDIKTI IV) 2018. Selama kuliah, Razak aktif menulis jurnal mengenai studi kebijakan luar negeri dan telah dipublikasikan beberapa kali, masing masing di Ary Suta Center, Universitas Jenderal Soedirman, dan Departemen Hubungan Internasional Universitas Indonesia.

Anak Agung Banyu Perwita
-

Anak Agung Banyu Perwita adalah Guru Besar (Profesor) dalam bidang ilmu Hubungan Internasional, Universitas Presiden. Penulis juga merupakan peneliti senior di President Centre for Internasional Studies. Aktivitas lainnya adalah narasumber dan anggota tim pakar di Kementerian Pertahanan RI dan Dewan Ketahanan Nasional RI. Penulis memperoleh gelar S-2 (Master of Arts in International Relations and Strategic Studies) dari Lancaster University, Inggris melalui British Chevening Scholarship dan memperoleh gelar Ph.D. dalam studi Asia dari Flinders University, Australia melalui Australian Development Scholarship (ADS). Karya buku terakhir adalah “Memahami Hubungan Internasional Kontemporer” bersama Reza AA Wattimena, yang diterbitkan oleh Penerbit Salemba Empat (Imprint Salemba Humanika) pada tahun 2019.

Fran Sayekti
Dra. Fran Sayekti, Akt., M.B.A.

Dosen pengampu mata kuliah Perpajakan. Penulis memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB-UGM) Jurusan Akuntansi tahun 1991. Gelar Magister diperoleh Asian Institute of Technology Thailand, dalam bidang Keuangan tahun 1998. Saat ini, penulis terdaftar sebagai Dosen di Fakultas Bisnis, Psikologi, & Komunikasi Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) pada Program Studi Akuntansi.

Reza Widhar Pahlevi
Reza Widhar Pahlevi, S.E., M.M.

Pengajar bidang konsentrasi Manajemen Keuangan. Mengajar pada Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia (UII) dan Fakultas Ekonomi Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY). Berpendidikan Sarjana Ekonomi (SE) dari Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia lulus tahun 2012 dan Magister Manajemen (MM) Universitas Islam Indonesia lulus tahun 2014 dalam bidang Manajemen Keuangan dengan spesialisasi Pasar Modal.

Abdurrahman Misno Bambang Prawiro
Dr. Abdurrahman Misno Bambang Prawiro, M.E.I.

Lahir di Cilacap pada tanggal 10 Mei 1979 dari Ibunda bernama Muntasiyah dan Ayahanda bernama Mohamad Djahri. Penulis menamatkan pendidikan dasar di Cilacap kemudian hijrah ke Bogor dan melanjutkan studi di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hidayah Program Studi Ahwal Asy-Syakhsiyah (Hukum Keluarga Muslim), lulus tahun 2006 dengan skripsi berjudul “Wasiat Wajibah untuk Anak Angkat dalam Perspektif Imam Madzhab dan Kompilasi Hukum Islam di Indonesia”. Penulis juga mengambil studi di Universitas Terbuka UPBJJ Bogor Program Studi Ilmu Komunikasi. Selanjutnya, penulis melanjutkan studi magister (S-2) di Universitas Ibn Khaldun Bogor Program Studi Magister Ekonomi Islam lulus tahun 2008 dengan judul tesis “Hak Cipta Karya Tulis dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia”. Belum puas dengan keilmuan yang ada, penulis mengambil Program Doktoral (S-3) di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, lulus tahun 2014 dengan judul disertasi “Penyerapan Hukum Islam pada Komunitas Adat; Studi Antropologi Hukum Islam di Baduy, Kampung Naga, dan Marunda Pulo”—lulus dengan predikat cumlaude.

Agus Siswanto
Agus Siswanto, M.E.I.

Berpengalaman 26 tahun di industri asuransi jiwa syariah. Diawali sebagai bagian dari Tim Pendirian Asuransi Takaful Indonesia pada tahun 1993, meniti karier pada industri asuransi syariah di Indonesia dan kemudian pada tahun 2000 menjabat sebagai Direktur Utama pada PT Asuransi Takaful Keluarga. Beliau memiliki pengalaman sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah PT Asuransi Jiwa Askrida Unit Syariah (2006), sebagai Anggota Dewan Pengawas Syariah Unit Syariah Asuransi FWD.

Fahri Farid
Ir. Fahri Farid, M.M.

Lahir pada 24 Mei 1968. Pendidikan S-1 Program Studi Agribisnis di Universitas Padjadjaran lulus tahun 1993. Kemudian melanjutkan Program Magister Manajemen di Universitas Esa Unggul Jakarta lulus tahun 2007. Saat ini sedang mengikuti program Doktoral Manajemen SDM di Univesitas Negeri Jakarta.

Riwayadi
Drs. Riwayadi, M.B.A., Ak.

Penulis kelahiran 28 Desember 1964 ini adalah staf pengajar pada Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas (FE-Unand). Gelar akademiknya adalah Drs., Ak. dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Padang pada tahun 1991 dan M.B.A. dari College of Business Administration, University of the Philipplines, Diliman, Quezon City pada tahun 1998. Gelar profesinya adalah Certified Sustainability Reporting Specialist (CSRS) dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia pada tahun 2012; Chartered Accountant (CA) dari Certification Board for Professional Accountant – Institut Akuntan Indonesia (IAI) pada tahun 2013; Certified Professional Management Accountant (CPMA) dari the Indonesian Institute of Management Accountants (IIMA) pada tahun 2017; Certified Sustainability Reporting Assurer (CSRA) dari the Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP) pada tahun 2019.

Prayogo P. Harto
-

Lahir pada 12 Agustus 1976, penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Ekonomi Akuntansi di Universitas Diponegoro, S-2 Keuangan Syariah di Universitas Paramadina, dan tengah menempuh pendidikan S-3 Ekonomi di Universitas Diponegoro. Saat ini, beliau adalah Dosen Tetap STEI SEBI untuk mata kuliah Pasar Modal Syariah dan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.

Hendro Wibowo
-

Lahir pada 10 September 1983, penulis menyelesaikan pendidikan S-1 di STEI SEBI Jurusan Perbankan Syariah, S-2 Keuangan Syariah di Universitas Paramadina, dan menyelesaikan Disertasi Program Pendidikan S-3 di Asia e University Malaysia. Saat ini, selain sebagai Dosen Tetap di STEI SEBI dan UIN Jakarta, Beliau juga menjabat Komisaris di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah, Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Fintech Syariah, dan Koperasi Syariah.

Muhammad Gunawan Yasni
Muhammad Gunawan Yasni, S.E., Ak., M.M., CIFA., FIIS., CRP., CA.

Lahir pada 17 September 1969, penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di Universitas Indonesia dan S-2 Magister Manajemen Keuangan di Prasetiya Mulya. Beliau memiliki sejumlah sertifikasi, seperti Certified Islamic Financial Analyst (CIFA), Islamic Insurance Society (FIIS), dan Ahli Syariah Pasar Modal (ASPM). Saat ini, beliau merupakan Dosen Senior di Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Universitas Indonesia. Beliau juga merupakan Anggota Dewan Syariah Nasional (DSN-MUI), Penasihat/Dewan Pengawas Syariah di sejumlah lembaga keuangan, dan narasumber nasional, khususnya untuk topik ekonomi dan keuangan syariah. Aktivitasnya yang lain adalah sebagai co-Host untuk Dialog Ekonomi Syariah TVRI, serta Host untuk Spiritual CEO TV One dan Spiritual Executive 1 Metro TV. Buku yang sudah ditulisnya, antara lain Ekonomi dan Keuangan Syariah: Pemahaman Singkat dan Penerapan Ringkas (dwibahasa: Indonesia dan Inggris); Ekonomi Sufistik; Investasi Syariah; Pemikiran Ringkas Keuangan Islam (tiga bahasa: Inggris-Indonesia-Arab).

Serri Hutahaean
Ns. Serri Hutahaean, M.Kep.

Lahir di Laguboti, 15 Februari 1984. Penulis merupakan dosen pengajar di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta bidang Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan serta Falsafah dan Teori Keperawatan. Penulis juga merupakan Reviewer Jurnal FIKes UPNVJ. Lulus Sarjana Keperawatan pada tahun 2007 dan Profesi Ners pada tahun 2008 di STIKES Mutiara Indonesia Medan. Kemudian melanjutkan S-2 Keperawatan Manajemen dan Kepemimpinan dan lulus tahun 2017 di Universitas Indonesia.

Dickdick Sodikin
Dickdick Sodikin, S.E., M.M., M.B.A.

Lahir pada 18 November 1967 di Cianjur. Pendidikan formalnya: S-1, Program Studi Manajemen, STIE IBEK, Jakarta (1998); S-2, Pittsburgh State University (PSU) MBA; dan S-2 Program Pascasarjana, Jurusan Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE IBEK Jakarta (2000).

Djaka Permana
Drs. Djaka Permana, M.Si., Ph.D.

Lahir pada 8 Oktober 1943 di Cirebon. Pendidikan formalnya: S-1, Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fak. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP-UI) (1968); S-2, Program Studi Ilmu Administrasi Publik, FISIP-UI (1999); dan S-3, Program Sains Pembangunan, Universiti Kebangsaan Malaysia (2007).

Suhenda Adia
Suhenda Adia, M.Ed.

Lahir pada 14 Juni 1944 di Ciamis. Pendidikan formalnya: Sekolah Rakyat (SR) Negeri di Rancah Ciamis (1958–1959), SMP Bagian B di Garut (1960–1961), SMA Bagian B di Garut (1963–1964), Akademi Usaha Perikanan (AUP) Jakarta (1968), dan Master of Education (M.Ed.) dari Sam Houston State University (SHSU) Texas, Amerika Serikat (1983).

Yayu Putri Senjani
Yayu Putri Senjani, S.E., M.Si.

Lahir di Jakarta tanggal 7 Oktober 1987. Ia menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2009) dan S-2 Ilmu Akuntansi di Universitas Gadjah Mada (2012). Tahun 2020, ia menjadi dosen tetap di program studi Akuntansi Syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan telah lulus Ujian ACPA (Associate Certified Public Accountant) serta Ujian Sertifikasi Akuntansi Syariah (USAS) level intermediate. Selain di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ia juga menjadi dosen tidak tetap di Universitas Teknologi Yogyakarta dan Universitas Terbuka. Sebelumnya penulis telah memiliki pengalaman mengajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Umiyati
-

Lahir di Jakarta 20 April 1979. Pendidikan SD sampai SLTA diselesaikan di sekolah negeri di Tangerang Selatan. Pendidikan S-1 diperoleh dari jurusan Akuntansi Syariah di Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Shariah Economic & Banking Institut (SEBI) Jakarta pada tahun 2006. Pendidikan S-2 diselesaikan di jurusan Akuntansi Manajemen dan Pengendalian di Program Magister Akuntansi (MAKSI) Universitas Muhammadiyah Jakarta pada tahun 2012. Penulis aktif mengajar di beberapa perguruan tinggi di wilayah Jakarta dan Tangerang Selatan, dan sejak tahun 2015 diangkat sebagai Dosen Tetap di prodi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penulis mengajar mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Syariah, Akuntansi Perbankan Syariah, dan Auditing Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi dan Bisnis Ahamd Dahlan Jakarta, dan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (SEBI) Jakarta sampai dengan sekarang.

Belajar Jadi Lebih Mudah