Penulis Kami
Michael S. Minor
-
Michael S. Minor
Michael S. Minor adalah profesor bidang pemasaran dan bisnis internasional di University of Texas, Amerika. Dia belajar di University of North Carolina, American University, dan Cornell, serta mendapatkan gelar Ph. D dari Vanderbilt University. Penelitiannya fokus pada perbandingan perilaku konsumen, perilaku jaringan sosial, risiko secara politik, dan konsumsi dari produk berteknologi tinggi. Artikelnya telah diterbitkan dalam Journal of International Business Studies, Journal of Consumer Marketing, International Studies of Management and Organization, Journal of Services Marketing, International Business Review, Journal of Psychology and Marketing, Cyberpsychology and Behavior, Journal of Advertising Research, dan di tempat lainnya. Bersama John C. Mowen, dia menulis Understanding Consumer Behavior. Selain itu, Minor telah menulis untuk media bisnis dan media populer dari PCWeek hingga Tennessee Business Magazine. Sebelumnya, Minor adalah Pimpinan dari Consumer Behavior Special Interest Group, dan Wakil Pimpinan dari Technology and Marketing Special Interest Group dari American Marketing Association, dan juga pernah menjadi anggota dewan direksi Global Marketing Special Interest Group. Dia menjabat sebagai dewan penasihat dalam banyak editorial. Selain itu, dia telah memenangkan banyak penghargaan di bidang pengajaran dan baru-baru ini mendapatkan penghargaan sebagai profesor program doktoral sepanjang tahun. Untuk pengalamannya sebagai konsultan, Minor pernah bekerja pada Divisi Investasi UNCTAD, pengembangan teknologi dan perusahaan, dan untuk beberapa lembaga dan negara bagian Amerika Serikat. Dia juga meninjau permohonan proposal untuk Research Council dari Norwegia dan banyak lembaga-lembaga Amerika Serikat lainnya. Minor pernah tinggal di Asia untuk beberapa tahun dan dapat berbahasa Cina. Waktu senggangnya dimanfaatkan untuk tampil sebagai pemain perkusi dan harmonika untuk grup musik country/classic rock Coastland. Selain itu, Minor juga piawai bermain mandolin, gitar, dan bas. Sebagai anggota BMI, dia telah menulis lebih dari satu lusin lagu country dan lagu yang memberikan inspirasi. Avatar Second Life-nya adalah “Harp Houston�?.
Tri Johan Agus Yuswanto
-
Tri Johan Agus Yuswanto, dilahirkan di Tulungagung pada tahun 1965, adalah dosen tetap di Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Penulis pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Keperawatan dan Ketua Unit Jurnal Politeknik Kesehatan Kemenkes RI, Malang. Penulis juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota BAtu selama dua periode dari tahun 2002, serta menjabat sebagai Ketua Komisi Penelitian pada Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Timur hingga saat ini. Selain aktif dalam organisasi PPNI, saat ini penulis juga aktif dan menjabat sebagai Ketua HPMI Provinsi Jawa Timur serta Kepala Unit Penelitian dan Jurnal.

Penulis memperoleh gelar Sarjana Keperawatan, Master Keperawatan, dan Doktor Keperawatan di Universitas Indonesia.

Penulis aktif sebagai peneliti baik di lingkungan Kementerian Kesehatan maupun Kementerian Pendidikan, serta menulis jurnal internasional (Internasional Organization of Scientific Research [IOSR] Journal) dan juga aktif sebagai pembicara di berbagai kegiatan ilmiah baik di dalam maupun di luar Provinsi Jawa Timur.
Barry Render
-
Barry Render
Professor Emeritus (Pensiunan Profesor), Profesor bidang studi Manajemen Operasi Charles Harwood, Crummer Graduate School of Business, Rollins College, Winter Park, Florida. Dia menerima gelar B.S. dalam bidang Mathematics and Physics (Matematika dan Fisika) dari Roosevelt University, dan gelar M.S. dalam bidang Operations Research (Riset Operasi), dan gelar Ph.D. dalam bidang Quantitative Analysis (Analisis Kuantitatif) dari University of Cincinnati. Sebelumnya dia mengajar di George Washington University, University of New Orleans, Boston University, dan George Mason University, di mana dia memperoleh gelar Mason Foundation Professorship dalam bidang Decision Sciences (Ilmu mengenai Keputusan) dan merupakan Ketua dari Decision Science Department. Dr. Render juga pernah bekerja pada industri pesawat ulang alik untuk General Electric, McDonnell Douglas, dan NASA.

Profesor Render telah membantu dalam penulisan 10 buku ajar untuk Prentice Hall, termasuk Managerial Decision Modelling with Spreadsheet, Quantitative Analysis for Management, Service Management, Introduction to Management Science, dan Cases and Readings in Management Science, Quantitative Analysis for Management, sekarang pada Edisi yang ke-11, merupakan sebuah buku ajar yang paling terkemuka dalam disiplin ilmu tersebut di Amerika Serikat dan secara global. Lebih dari 100 artikel dari Dr. Render dalam berbagai topik manajemen telah muncul dalam Decision Sciences, Production and Operations Management, Interfaces, Information and Management, Journal of Management Information Systems, Socio-Economic Planning Sciences, IIE Solutions, dan Operations Management Review.

Dr. Render telah dianugerahi penghargaan AACSB Fellow dan dua kali memperoleh Senior Fulbright Scholar. Dia juga pernah menjadi Wakil Presiden dari Decision Science Institute Southeast Region dan bekerja sebagai Software Review Editor (Editor Tinjauan Perangkat Lunak) untuk Decision Line selama enam tahun dan sebagai editor isu-isu khusus Manajemen Operasi untuk the New York Times selama lima tahun. Dari 1984 hingga 1993, Dr. Render menjabat sebagai President of Management Service Associates dari Virginia Inc., di mana klien-klien teknologinya adalah FBI, U.S. Navy, Fairfax County, Virginia, dan C&P Telephone. Saat ini, dia merupakan Consulting Editor pada Financial Times Press.

Dr. Render telah mengajarkan bidang ilmu manajemen operasi pada program M.B.A. dan Eksekutif M.B.A. di Rollins College. Dia telah memperoleh gelar Welsh Award di institusi pendidikan tersebut sebagai Profesor terkemuka dan memperoleh penghargaan St. Claire Drake Award dari Roosevelt University pada 1996 untuk Outstanding Scholarship. Pada 2005, Dr. Render menerima Rollins College M.B.A. Student Award untuk Best Overall Course, dan pada 2009 dianugerahi Professor of the Year oleh mahasiswa M.B.A.
David M. Saunders
-
David M. Saunders adalah dekan Sekolah Bisnis Queen’s. Sejak bergabung dengan Queen’s
di tahun 2003, ia telah memimpin pengembangan sebuah rencana baru yang strategis untuk
sekolah tersebut, meluncurkan dua program MBA yang unik, dan memperkuat jaringan
internasional Queen’s dengan penambahan rekan-rekan sekolah bisnis ternama di Eropa, Asia,
dan Amerika Selatan. Di luar Queen’s, David adalah asisten penulis beberapa artikel mengenai
negosiasi, resolusi konflik, suara pegawai, dan keadilan organisasi. Ia berperan sebagai Dewan
Pengurus dua asosiasi sekolah bisnis internasional yang utama: Internasional AACSB berbasis
Amerika Serikat dan EFMD, Yayasan Eropa untuk Pengembangan Manajemen. Ia juga
merupakan Mantan Ketua Federasi Dekan-Dekan Sekolah Bisnis Kanada.
Maman Setiawan
Dr. Maman Setiawan, S.E., M.T.
Dr. Maman Setiawan, S.E., M.T., adalah dosen di salah satu universitas negeri di Bandung, Jawa Barat. Beliau lulusan dari Universitas Padjadjaran (S1), Institut Teknologi Bandung (S2), dan Doktor (S3) dari Wageningen University. Bidang Keahlian beliau adalah Ekonometrika, Ekonomi Industri, Ekonomi Politik dan Regulasi, dan Ekonomi Mikro.
Damayanti
Damayanti, S.E., M.M., Akt.
Damayanti, S.E., M.M., Akt. Lahir di Banyuwangi-Jawa Timur, 07 juli 1975. Beliau mendapat gelar Sarjana dari Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang pada tahun 1998 dan Magister dari Program Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan, Universitas Merdeka Malang pada tahun 2001.

Damayanti, S.E., M.M., Akt. Adalah dosen di Program Studi Akuntansi, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung. Mata Kuliah yang diampu antara lain: Perpajakan I, Perpajakan II, Akuntansi Perpajakan, Laboratorium Perpajakan, Manajemen Keuangan, Akuntansi Biaya, Laboratorium Akuntansi Biaya. Selain itu, Penulis juga aktif sebagai penyelenggara kursus pajak brevet A/B Lampung.

Sebelum menjadi tenaga pengajar, penulis pernah bekerja di PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Krian Nusantara bagian Accounting, dan PT Super Mega Gloves (PMA) sebagai Accounting dan Tax Manager.

Karya berupa buku yang pernah diterbitkan tahun 2008 dengan judul Pajak, Buku Praktikum PPh Pemongan dan Pemungutan tahun 2012, Buku Praktikum PPh Badan dan ORang Pribadi tahun 2012 serta Buku Praktikum PPN dan PPnBM tahun 2012.
Ah. Yusuf
-
Ah. Yusuf, lahir di Mojokerto pada tanggal 1 Januari 1967, menyelesaikan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul Huda Dlanggu Mojokerto tahun 1981, Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Dlanggu Mojokerto tahun 1984, SMA Al-Hidayah Dlanggu Mojokerto tahun 1987, Akademi Keperawatan Rumah Sakit Islam Surabaya tahun 1990, Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1998, Magister Kesehatan Jiwa Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya tahun 2003, dan Program Pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tahun 2012.

Saat ini aktif sebagai dosen tetap di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya pada Program Studi Sarjana Keperawatan, Program Pendidikan Ners, Magister Keperawatan, Magister Kesehatan Masyarakat, juga mengajar di beberapa fakultas keperawatan dan kesehatan, serta sekolah tinggi ilmu kesehatan di Jawa Timur.

Penulis aktif pada berbagai organisasi keperawatan, yakni dipercaya sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Timur, Dewan Pakar Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJI) Jawa Timur, anggota Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) Jawa Timur, dan anggota Satgas AFTA Provinsi Jawa Timur.
Rizky Fitryasari P.K.
-
Rizky Fitryasari P.K., lahir di Yogyakarta pada tanggal 22 Februari 1980, menyelesaikan pendidikan SDN 3 Cepu tahun 1992, SMPN 2 Cepu tahun 1995, SMAN 3 Semarang tahun 1998, Program Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2003, Program Magister kekhususan Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2009.

Saat ini, penulis aktif sebagai dosen tetap di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya pada Program Pendidikan Ners, Magister Keperawatan, serta aktif pada organisasi Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJI) Jawa Timur.
Hanik Endang Nihayati
-
Hanik Endang Nihayati, lahir di Blitar pada tanggal 16 Juni 1976, menyelesaikan pendidikan SDN Kalipang 2 tahun 1990, SMPN Sutojayan 1 Blitar tahun 1993, SMAN 1 Talun Blitar tahun 1996, Akademi Keperawatan Darul Ulum Jombang tahun 1999, Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tahun 2004, Magister Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2010, dan saat ini sedang menempuh Program Pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.

Saat ini, penulis aktif sebagai dosen tetap di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya pada Program Studi Sarjana Keperawatan, Program Pendidikan Ners, Magister Keperawatan, serta aktif pada organisasi Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa (IPKJI) Jawa Timur.
Aji Erlangga Martawireja
Aji Erlangga Martawireja, S.E., M.Si., Ak.
Aji Erlangga Martawireja, S.E., M.Si., Ak., lulus S-1 di program studi Akuntansi FE UGM tahun 2000. Lulus Magister Sains Pusat Studi Timur Tengah dan Islam—Ekonomi dan Keuangan Syariah, Pascasarjana, Universitas Indonesia tahun 2007. Saat ini, beliau menjabat sebagai Kepala Bagian—Bagian Laporan Eksternal dan Rekonsiliasi Kantor Pusat, Divisi Akuntansi PT Bank Syariah Mandiri. Beliau pernah menjabat sebagai Staf Auditor Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo, & Co., Andersen tahun 1999, Senior Staff—Cost & Budgetary Controller, Capital Managers Asia Pte. Ltd. (Grup Bakrie), Jakarta tahun 2002–2003, Financial Controller, PT Global-Net Capital, Jakarta tahun 2003–2004, Kepala Seksi—Seksi Laporan Eksternal Kantor Pusat Divisi Operasi & Akuntansi tahun 2004–2006, Jakarta. Beliau juga pernah mengikuti pelatihan Islamic Banking & Finance diselenggarakan oleh Red Money Institute, Kuala Lumpur.
Ahim Abdurahim
Ahim Abdurahim, S.E., M.Si., Ak., C.A., SAS.
Ahim Abdurahim, S.E., M.Si., Ak., C.A., SAS., lahir di Kuningan, 26 November 1970. Telah menyelesaikan studi Diploma 3 dan S-1 di YKPN tahun 1993 dan 1995 serta Magister Sains UGM tahun 1999. Memperoleh gelar bersertifikat akuntansi syariah (SAS) pada tahun 2010. Saat ini sedang menempuh studi S-3 program Doktor bidang Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang. Tahun 1996 mengajar di Universitas Muhammadiyah, dan sejak itu mendalami dan mengajar mata kuliah ekonomi Islam. Mulai tahun 2004, penulis mengajar akuntansi perbankan syariah hingga sekarang. Beliau juga telah mengikuti pelatihan akuntansi dan perbankan syariah, menjadi pengurus IAEI dan MES cabang Yogyakarta. Sebagai Direktur Dana Pensiun Muhamamdiyah dari tahun 2000–2006 dan 2006–2011, secara intens berinteraksi dengan para praktisi BPRS dan Bank Umum Syariah. Pernah menulis buku Dalil-dalil Naqli Seri Ekonomi Islam.
Yuda Aryanto
-
Yuda Aryanto lahir di Semarang, menyelesaikan kuliahnya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dan Program Extension FE UI. Penyusun pernah mengikuti Training For Tax Instructor, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Selain itu pernah bekerja sebagai auditor di salah satu Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta.
Sebagai dosen perpajakan di Universitas Atmajaya dan mengajar di beberapa lembaga pendidikan swasta di Jakarta dan sebagai pengasuh rubrik “Who Wants To Be A Tax Consultant�? di Majalah Indonesian Tax Review merupakan kesibukan lain di luar pekerjaannya sebagai PNS.
Agus Puji Priyono
-
Agus Puji Priyono dilahirkan di Semarang, menyelesaikan studi akademiknya di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (2000), UNPAD (2006), PPAk UNDIP (2008), Magister Akuntansi UNPAD (2014) serta sertifikasi profesi CPMA (2012), CFE (2013), CA (2013), dan CPSAK (2014). Penyusun aktif sebagai Tenaga Pendidik di FE UNPAD, FE Universitas Parahyangan, Pelatihan Personal Financial Planning Universitas Maranatha, Brevet Pajak UNIKOM, STIE Ekuitas serta narasumber seminar, workshop, dan IHT di berbagai sektor usaha dan wilayah Indonesia. Di samping itu, penyusun sebagai pengasuh rubrik “Who Wants To Be A Tax Consultant�? di Majalah ITR dan aktif di Direktorat Jenderal Pajak hingga sekarang.
Nuritomo
Nuritomo, S.E., M.Acc.
Nuritomo, S.E., M.Acc. Dosen Tetap pada Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan bidang kekhususan auditing, Perpajakan, dan Akuntansi Sektor Publik. Mendapatkan gelar Sarjana dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Master of Accounting dengan bidang konsentrasi auditing di Universitas Gadjah Mada. Saat ini penulis sedang menyelesaikan pendidikan S-3 di Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi di Universitas Indonesia.

Penulis juga aktif sebagai konsultan di beberapa perusahaan terutama dalam bidang keuangan, perpajakan, dan auditing serta menjadi Staf Ahli bidang Keuangan Daerah di Institute for Development of Public Sector Accounting, sebuah lembaga independen yang memberikan konsultasi dan pendampingan dalam bidang keuangan daerah pada berbagai pemerintah daerah di Indonesia.
Bruce Barry
-
Bruce Barry adalah seorang profesor Manajemen dan Sosiologi dari Universitas Vanderbilt.
Penelitiannya mengenai negosiasi, pengaruh, etika, kekuatan, dan keadilan telah tampil
di sejumlah jurnal dan volume ilmiah. Profesor Barry adalah mantan presiden Asosiasi
Internasional untuk Manajemen Konflik dan mantan ketua Akademi Divisi Manajemen
Konflik Manajemen.
Jeanne M. McNett
-
Jeanne M. McNett
Jeanne M. McNett adalah seorang profesor bidang manajemen di Assumption Collage, Worcester, Massachusetts. Dia mendapatkan gelar Ph. D. dari University of Massachusetts, Amherst, dan gelar MBA di Cass School of Business, City University, London. McNett bertugas sebagai ekspatriat (seseorang yang meninggalkan negara asalnya) di Jerman, Inggris, Arab Saudi, Jepang, dan Korea. Ketertarikannya meliputi peran kultur dalam bisnis internasional dan ilmu pendidikan manajemen internasional. Publikasinya meliputi Blackwell Encyclopedia of Management, Vol. VI: International Management, Edisi kedua (Oxford, UK: Blackwell Publishing, 2005), dan Blackwell Handbook of Global Management (Oxford, UK: Blackwell Publishing, 2004). Perkuliahan, penelitian, dan presentasinya telah banyak menerima penghargaan, termasuk Roethlisberger Best Paper of the Year Award dari Journal of Management Education dan Alpha Phi Alpha Teacher of the Year Award. Artikelnya telah dimasukkan dalam jurnal dan kumpulan jurnal tersebut berfokus pada pengajaran di bidang bisnis internasional. Dalam kehidupan sehari-hari, dia merupakan seorang pendayung yang andal, menyukai olahraga lari, serta kegiatan membaca dan berkebun.
James W. Kalat
-
(berima dengan ballot), merupakan profesor psikologi di Universitas Negeri North Carolina tempat ia mengajar pengantar psikologi dan psikologi faal. Lahir pada tahun 1946, ia memperoleh gelar A.B. dengan predikat summa cum laude dari Universitas Duke pada tahun 1968 dan Ph.D. di bidang psikologi dari Universitas Pennsylvania di bawah bimbingan Paul Rozin. Ia juga merupakan penulis buku Biological Psychology edisi ke-10 (Belmont, CA: Wadsworth, 2009) dan menulis buku Emotion bersama Michelle N. Shiota (Bellmont, CA: Wadsworth, 2007). Selain menulis buku, ia juga menulis artikel dan jurnal mengenai Taste-Aversion Learning, The Teaching of Psychology, dan topik lainnya. Menikah untuk kedua kalinya, ia mempunyai 3 anak kandung, 2 anak tiri, dan 3 cucu. Dalam waktu senggangnya, ia melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan psikologi, yaitu mengamati burung.
Belajar Jadi Lebih Mudah