Penulis Kami
Devy Halim
-
Devy Halim, S.K.M., lahir di Banjarmasin, 8 Desember 1989. Penulis menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjarmasin pada tahun 2006 dan lulus S-1 Kesehatan Masyarakat di Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin tahun 2010. Selain itu, penulis mengikuti berbagai pelatihan/seminar/lokakarya/workshop sanitasi rumah sakit dan kesehatan lingkungan rumah sakit. Penulis turut aktif dalam pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin. Saat ini, penulis menjabat sebagai koordinator kesehatan lingkungan di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin serta merupakan salah satu anggota PK3RS di Rumah Sakit Suaka Insan Banjarmasin.
Agustinus Johanes Djohan
-
Dr. dr. Agustinus Johanes Djohan, M.M., FIAS., biasa disingkat A. J. Djohan, lahir di Sampit, saat ini tinggal di Banjarmasin. Menyelesaikan SMA Kolese Santo Yusuf, Malang 1969. Lulus Pendidikan Dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta 1978. Kemudian penulis menyelesaikan pendidikan Master of Business Administration di Institut Manajemen John Luther Indonesia, kelas jauh John Luther University, Salt Lake City, Utah 1992. Penulis lulus S-2 di Magister Manajemen STIE IPWI Jakarta 1993. Selain itu, penulis juga menyelesaikan pendidikan doktor Ilmu Ekonomi dengan Kajian Pemasaran Rumah Sakit pada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pada tahun 2006. Penulis juga mengikuti berbagai kursus manajemen dan kesehatan di dalam dan luar negeri.
Lintang Venusita
-
Lintang Venusita, S.E., Ak., M.Si., menyelesaikan gelar sarjana ekonomi akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, Surabaya dan memperoleh gelar M.Si. (Magister Sains) dari Program Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya dengan bidang konsentrasi Akuntansi Manajemen pada tahun 2006.
Ratna Wardhani
-
Ratna Wardhani merupakan dosen di FE UI. Penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di FE UI, Magister Ilmu Manajemen Jurusan Keuangan di Pascasarjana Ilmu Manajemen FE UI, dan Doktor bidang Ilmu Akuntansi
Aria Farahmita
-
Aria Farahmita menyelesaikan studi S-1 Akuntansi dan S-2 Corporate Finance di FE UI. Saat ini penulis sedang menyelesaikan pendidikan S-3 Ilmu Akuntansi di FE UI. Karyanya pertama dengan Penerbit Salemba Empat adalah sebagai Ketua Tim Penerjemah buku Principles of Accounting 22nd Ed., karya Fess & Warren. Saat ini, penulis aktif sebagai staf pengajar tetap di FE UI dan aktif menulis artikel di Economic Business and Accounting Review (eBAR) serta rubrik IFRS corner di majalah BUMN Track, selain itu penulis banyak melakukan riset terkait IFRS. Penulis juga aktif sebagai pembicara dan instruktur di Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk pelatihan tentang PSAK terbaru. Penulis juga menjadi bagian dari anggota Komite Audit pada PT Tugu Pratama Indonesia.
Edward Tanujaya
-
Edward Tanujaya adalah staf pengajar di Departemen Akuntansi FE UI. Penulis menyelesaikan S-1 Akuntansi di FE UI dan S-2 International Business di Rijksuniversiteit Groningen, Belanda. Selain sebagai staf pengajar, penulis juga aktif dalam dunia penerbitan buku dan pernah menjadi editor untuk Jurnal Popular eBAR yang diterbitkan Departemen Akuntansi FE UI dan Journal of European Studies yang diterbitkan oleh PSKWE PPS UI. Selain aktif menjadi anggota Ikatan Akuntan Indonesia, penulis juga menjadi anggota Komite Audit sebuah perusahaan publik.
Taufik Hidayat
-
Taufik Hidayat adalah dosen di FEUI. Penulis menyelesaikan pendidikan S-1 Akuntansi di FE UI dan S-2 di MM FE UI. Penulis mendalami bidang ajar Akuntansi Keuangan dan PSAK. Penulis juga aktif menjadi pembicara di beberapa workshop dan in-house training seputar PSAK dan konsultan implentasi di berbagai perusahaan. Selain sebagai dosen, Penulis juga menjadi anggota Komite audit pada salah satu perusahaan publik.
Muhammad Syam Kusufi
Muhammad Syam Kusufi, S.E., M.Sc.
Muhammad Syam Kusufi, S.E., M.Sc., Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo, Bangkalan Madura. Memperoleh Gelar S1 Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya pada tahun 2005 dengan konsentrasi Akuntansi Manajemen. Tahun 2006 Menjabat Sebagai Wakil Direktur Pusat Pengembangan Akuntansi da Kebijakan Publik ( PPAKP ) Fakultas Ekonomi Universitas Trunojoyo Sampai dengan tahun 2012.
J. Michael Geringer
-
J. Michael Geringer
Michael S. Minor
-
Michael S. Minor
Tri Johan Agus Yuswanto
-
Tri Johan Agus Yuswanto, dilahirkan di Tulungagung pada tahun 1965, adalah dosen tetap di Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Penulis pernah menjabat sebagai Ketua Program Studi Keperawatan dan Ketua Unit Jurnal Politeknik Kesehatan Kemenkes RI, Malang. Penulis juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota BAtu selama dua periode dari tahun 2002, serta menjabat sebagai Ketua Komisi Penelitian pada Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Timur hingga saat ini. Selain aktif dalam organisasi PPNI, saat ini penulis juga aktif dan menjabat sebagai Ketua HPMI Provinsi Jawa Timur serta Kepala Unit Penelitian dan Jurnal.
Barry Render
-
Barry Render
David M. Saunders
-
David M. Saunders adalah dekan Sekolah Bisnis Queen’s. Sejak bergabung dengan Queen’s
Maman Setiawan
Dr. Maman Setiawan, S.E., M.T.
Dr. Maman Setiawan, S.E., M.T., adalah dosen di salah satu universitas negeri di Bandung, Jawa Barat. Beliau lulusan dari Universitas Padjadjaran (S1), Institut Teknologi Bandung (S2), dan Doktor (S3) dari Wageningen University. Bidang Keahlian beliau adalah Ekonometrika, Ekonomi Industri, Ekonomi Politik dan Regulasi, dan Ekonomi Mikro.
Damayanti
Damayanti, S.E., M.M., Akt.
Damayanti, S.E., M.M., Akt. Lahir di Banyuwangi-Jawa Timur, 07 juli 1975. Beliau mendapat gelar Sarjana dari Jurusan Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Malangkucecwara Malang pada tahun 1998 dan Magister dari Program Magister Manajemen Konsentrasi Manajemen Keuangan, Universitas Merdeka Malang pada tahun 2001.
Ah. Yusuf
-
Ah. Yusuf, lahir di Mojokerto pada tanggal 1 Januari 1967, menyelesaikan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Miftakhul Huda Dlanggu Mojokerto tahun 1981, Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Dlanggu Mojokerto tahun 1984, SMA Al-Hidayah Dlanggu Mojokerto tahun 1987, Akademi Keperawatan Rumah Sakit Islam Surabaya tahun 1990, Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung tahun 1998, Magister Kesehatan Jiwa Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya tahun 2003, dan Program Pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tahun 2012.
Rizky Fitryasari P.K.
-
Rizky Fitryasari P.K., lahir di Yogyakarta pada tanggal 22 Februari 1980, menyelesaikan pendidikan SDN 3 Cepu tahun 1992, SMPN 2 Cepu tahun 1995, SMAN 3 Semarang tahun 1998, Program Ners Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2003, Program Magister kekhususan Keperawatan Jiwa Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia tahun 2009.
Hanik Endang Nihayati
-
Hanik Endang Nihayati, lahir di Blitar pada tanggal 16 Juni 1976, menyelesaikan pendidikan SDN Kalipang 2 tahun 1990, SMPN Sutojayan 1 Blitar tahun 1993, SMAN 1 Talun Blitar tahun 1996, Akademi Keperawatan Darul Ulum Jombang tahun 1999, Program Studi S-1 Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya tahun 2004, Magister Keperawatan Universitas Airlangga Surabaya tahun 2010, dan saat ini sedang menempuh Program Pendidikan S-3 Ilmu Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya.
Aji Erlangga Martawireja
Aji Erlangga Martawireja, S.E., M.Si., Ak.
Aji Erlangga Martawireja, S.E., M.Si., Ak., lulus S-1 di program studi Akuntansi FE UGM tahun 2000. Lulus Magister Sains Pusat Studi Timur Tengah dan Islam—Ekonomi dan Keuangan Syariah, Pascasarjana, Universitas Indonesia tahun 2007. Saat ini, beliau menjabat sebagai Kepala Bagian—Bagian Laporan Eksternal dan Rekonsiliasi Kantor Pusat, Divisi Akuntansi PT Bank Syariah Mandiri. Beliau pernah menjabat sebagai Staf Auditor Kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo, & Co., Andersen tahun 1999, Senior Staff—Cost & Budgetary Controller, Capital Managers Asia Pte. Ltd. (Grup Bakrie), Jakarta tahun 2002–2003, Financial Controller, PT Global-Net Capital, Jakarta tahun 2003–2004, Kepala Seksi—Seksi Laporan Eksternal Kantor Pusat Divisi Operasi & Akuntansi tahun 2004–2006, Jakarta. Beliau juga pernah mengikuti pelatihan Islamic Banking & Finance diselenggarakan oleh Red Money Institute, Kuala Lumpur.
Ahim Abdurahim
Ahim Abdurahim, S.E., M.Si., Ak., C.A., SAS.
Ahim Abdurahim, S.E., M.Si., Ak., C.A., SAS., lahir di Kuningan, 26 November 1970. Telah menyelesaikan studi Diploma 3 dan S-1 di YKPN tahun 1993 dan 1995 serta Magister Sains UGM tahun 1999. Memperoleh gelar bersertifikat akuntansi syariah (SAS) pada tahun 2010. Saat ini sedang menempuh studi S-3 program Doktor bidang Akuntansi di Universitas Brawijaya, Malang. Tahun 1996 mengajar di Universitas Muhammadiyah, dan sejak itu mendalami dan mengajar mata kuliah ekonomi Islam. Mulai tahun 2004, penulis mengajar akuntansi perbankan syariah hingga sekarang. Beliau juga telah mengikuti pelatihan akuntansi dan perbankan syariah, menjadi pengurus IAEI dan MES cabang Yogyakarta. Sebagai Direktur Dana Pensiun Muhamamdiyah dari tahun 2000–2006 dan 2006–2011, secara intens berinteraksi dengan para praktisi BPRS dan Bank Umum Syariah. Pernah menulis buku Dalil-dalil Naqli Seri Ekonomi Islam.
Belajar Jadi Lebih Mudah